Ingin memiliki anak lagi? Ini jarak ideal kehamilan buat ibu yang aman

Mimi Rohmitriasih06 Nov 2018, 18:38 WIB
Hamil

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, setiap pasangan suami istri pasti ingin memiliki keturunan di keluarga kecil mereka. Keinginan memiliki keturunan ini bisa satu saja, dua atau lebih.

Bicara mengenai keturunan atau anak dalam keluarga, ibu sebaiknya mengetahui jarak ideal kapan sebaiknya menambah momongan atau hamil lagi setelah melahirkan. Melansir dari laman WebMD, ibu yang hamil lagi kurang dari waktu 6 bulan setelah melahirkan, memiliki risiko masalah kehamilan dan kesehatan yang lebih besar.

Ibu hamil dengan jarak yang terlalu dekat tak hanya membahayakan dirinya tetapi juga membahayakan janin di kandungannya. Lebih jauh lagi, hamil dengan jarak yang terlalu dekat atau kurang dari enam bulan, ini bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan anak sebelumnya terhambat.

Ibu yang hamil dengan jarak terlalu dekat dari kehamilan sebelumnya umumnya akan membuat janin di kandungannya memiliki berat badan rendah. Tak hanya memiliki berat badan rendah, bayi ini juga memiliki risiko lahir prematur bahkan keguguran lebih tinggi.

Idealnya, jarak kehamilan satu dengan kehamilan selanjutnya adalah lebih dari 18 bulan dan tidak kurang dari 60 bulan. Para ahli menyebutkan jika jarak kehamilan terlalu sebentar bisa sangat berisiko buat kesehatan ibu dan janin. Sedangkan jarak terlalu jauh bisa mengurangi manfaat yang diperoleh dari kehamilan sebelumnya.