Sukses

Parenting

Menenangkan Bayi yang Menangis, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Kita mungkin sering merasa panik saat bayi menangis. Apalagi kalau tangisan bayi tak kunjung berhenti, rasanya pasti bikin stres sendiri. Menangis adalah cara bayi untuk berkomunikasi dan kadang kita sulit untuk memahami arti dari tangisan bayi sehingga sulit menenangkannya.

Ada sejumlah faktor dan penyebab yang bisa membuat bayi menangis. Mulai dari ngantuk, capek, popoknya basah, lapar, sakit, takut, hingga karena pengaruh bising atau lingkungan yang terlalu riuh. Dr. Harvey Karp seperti yang dikutip dari happiestbaby.com, memiliki lima cara yang bisa digunakan untuk menenangkan bayi yang menangis. Untuk selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

Membedung bayi

Bisa gunakan selimut tipis lalu bedung tubuh bayi. Jangan terlalu rapat, bisa bedung dengan longgar saja. Letakkan kedua tangan di sisi tubuhnya, lalu bedung tanpa membuatnya merasa sesak. Dengan cara membedung ini, bayi akan merasa seolah-olah berada seperti di rahim ibu, merasa terlindungi dan nyaman.

Gendong bayi dengan posisi telungkup atau miring

Coba gendong bayi dengan posisi perut atau dadanya menempel pada tubuh kita. Dengan cara ini, bayi bisa merasa lebih tenang. Dan begitu sudah tidur, baringkan ia di tempat nyaman.

Ciptakan white noise

Ini juga bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menenangkan bayi yang menangis. Kita bisa menciptakan suara yang disebut white noise. Suara ini bisa dihasilkan dari vacuum cleaner atau hair dryer. Atau kalau mau membuat white noise sendiri, kita bisa menciptakan suara lirih, "Shusssh...," yang cukup panjang seperti ketika menyuruh orang lain diam.

Mengayun

Saat masih berada di dalam rahim, tubuh bayi bisa berputar dan berayun. Memberi bayi ayunan lembut bisa bantu meredakan tangisnya dan membuatnya tenang seperti dalam kandungan. Saat mengayun tubuhnya, kita harus menyangga kepala dan lehernya. Gerakan mengayun pun harus lembut, bisa cukup sekitar 3 cm maju mundur.

Beri empeng

Bayi bisa tenang saat menghisap sesuatu. Memberinya empeng bisa jadi salah satu cara yang cukup efektif untuk meredakan tangisannya.

Kita bisa memilih dan menggunakan cara yang sekiranya paling tepat untuk bayi kita. Untuk membuat bayi tenang atau meredakan tangisannya memang kadang sangat menguji kesabaran, tapi selalu ada cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading