Sukses

Parenting

5 Hal Penting yang Perlu Diketahui tentang Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar soal diabetes gestasional? Ini adalah jenis diabetes yang berkembang selama kehamilan. Diabetes ini menyebabkan gula darah tinggi yang dapat memengaruhi kehamilan serta kesehatan bayi pada ibu hamil.

Diabetes gestasional merupakan diabetes yang bersifat sementara yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon selama kehamilan menjadi salah satu pemicu tubuh tak memproduksi cukup insulin, hormon yang berfungsi untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut soal diabates gestasional ini, berikut lima hal penting yang perlu diketahui.

1. Diabetes gestasional bisa sembuh setelah melahirkan

Dikutip dari healthhub.sg, di sejumlah kasus, diabetes gestasional bakal berlangsung lama dan butuh perawatan dalam jangka waktu lama. Selain itu, bila selama hamil mengidap diabetes gestasional maka risiko akan mengalami diabetes di masa yang akan datang juga meningkat. Namun, terkadang diabetes gestasional akan hilang setelah ibu melahirkan.

2. Diabetes gestasional dialami 2%-5% ibu hamil

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes gestasional. Beberapa di antaranya adalah punya riwayat diabetes dari orangtua atau saudara, obesitas, anak yang lahir sebelumnya berbobot lebih dari 4 kg (makrosomia), dan punya riwayat diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya. Sekitar 2% hingga 5% ibu hamil mengalami diabetes ini.

3. Ibu pengidap diabetes berisiko tinggi terkena diabetes gestasional

Bila ibu sudah mengidap diabetes, maka risiko mengalami diabetes gestasional saat hamil juga meningkat. Selain itu, tekanan darah tinggi selama hamil juga bisa memicu pre eklamsia. Risiko mengalami diabetes tipe 2 setelah melahirkan juga bisa meningkat.

4. Bayi bisa terdampak bila kondisi ibu tak ditangani dengan baik

Kalau kondisi diabetes gestasional pada ibu tak ditangani dengan baik, bayi bisa mengalami sejumlah risiko. Mulai dari risiko mengidap diabetes saat dewasa, mengalami kelebihan berat badan, mengalami masalah kesehatan setelah dilahirkan seperti kesulitan bernapas dan kadar gula darah rendah, dan mengalami kelainan bawaan.

5. Kehamilan bisa tetap dijaga dengan baik

Bila mengalami diabetes gestasional, ada beberapa hal yang perlu dilakuan untuk menjaga kehamilan. Seperti memonitor kadar gula darah secara teratur, mengonsumsi obat sesuai resep dokter, mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berpemanis, olahraga teratur, dan berkonsultasi dengan dokter secara rutin. Dengan melakukan hal-hal tersebut maka peluang kehamilan terjaga dengan baik akan meningkat.

Itu lima hal penting yang perlu diketahui soal diabetes gestasional pad aibu hamil. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading