Sukses

Parenting

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon? Berikut Info Pentingnya!

Fimela.com, Jakarta Selama hamil, kita perlu berhati-hati dengan semua yang kita makan dan minum. Salah satunya adalah air lemon, sebenarnya boleh nggak sih minum air lemon saat hamil?

Dilansir dari momjunction.com, ibu hamil boleh minum air lemon asal tidak berlebihan. Karena kalau berlebihan bisa menyebabkan proses detoksifikasi yang terlalu cepat yang kurang baik untuk ibu hamil. Namun, untuk amannya memang perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah kondisi tubuh kita memungkinkan menerima dan minum air lemon.

Minum air lemon selama hamil bisa memberi sejumlah manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi mual

Menurut American Pregnancy Association, lemon bisa digunakan unutk mengatasi mual di trimester pertama. Segelas air lemon hangat bisa diminum untuk meredakan mual. Meski begitu, penting juga untuk memastikan kondisi lambung tidak bermasalah. Karena walaupun lemon tidak mengandung asam berlebihan tapi tetap perlu memastikan kondisi lambung sehat agar tak terjadi komplikasi.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Kandungan vitamin pada lemon bisa memperkuat pembuluh darah. Hal ini pun bisa sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kadar kolesterol pun bisa tetap terjaga dengan baik.

3. Mencegah sembelit

Minum air lemon bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Bila pencernaan sudah terjaga dengan baik, maka kondisi konstipasi atau sembelit bisa dicegah. Air lemon bisa menstimulasi organ hati dan meningkatkan gerakan peristaltis sehingga membantu tubuh mengeluarkan kotoran dengan lebih optimal.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada lemon bisa meningkatkan mekanisme tubuh melawan bakteri dan virus. Sehingga kekebalan tubuh bisa lebih baik. Kita pun jadi tak gampang jatuh sakit atau terserang penyakti seperti flu dan pilek.

5. Mengatasi kaki bengkak

Kaki bengkak atau edema sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini sangat tidak nyaman dan tidak sehat. Minum segelas air hangat yang dicampur 1 sdm air perasan jeruk lemon bisa membantu mengatasikaki bengkak. Bisa bantu meredakan sakit dan nyerinya.

6. Menjaga kesehatan tulang

Air lemon kaya akan magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya kesehatan tulang ibu tapi juga janin dalam kandungan. Kandungan kalium pada lemon juga baik sel-sel otak dan saraf bayi.

Selama tidak punya masalah lambung, minum air lemon selama hamil masih diperbolehkan. Asalkan tidak berlebihan, mungkin cukup satu gelas per hari. Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading