Sukses

Parenting

5 Tips Membantu Anak Jadi Lebih Mandiri

Fimela.com, Jakarta Anak perlu diajari dan dididik untuk mandiri sejak dini. Anak yang mandiri nantinya bakal bisa lebih mudah bertahan mengatasi masalah-masalah yang ada. Selain itu, mengingat kita belum tentu bisa selalu bersamanya, mengajarkan anak untuk mandiri bakal sangat membantu terhindar dari masalah yang lebih berat.

Untuk membantu anak agar lebih mandiri, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Seperti yang dilansir dari momjunction.com, ada sejumlah cara sederhana yang bisa kita coba untuk membantu anak bisa lebih mandiri. Selengkapnya, yuk simak di sini.

1. Beri anak kebebasan memilih

Bisa dimulai dari hal sederhana, seperti izinkan anak memilih sendiri baju yang akan dikenakannya. Bisa juga mengizinkan anak untuk memilih sendiri menu atau makanan yang ingin dinikmatinya. Dengan memberi kebebasan memilih ini, anak bisa lebih merasa lebih bebas dan bertanggung jawab dengan pilihannya.

2. Beri anak tanggung jawab

Saat akan berlibur, beri anak tanggung jawab untuk mengepak sendiri barang-barang dan tasnya. Atau bisa beri anak tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yang sederhana, seperti mengepel atau menyapu lantai. Ini cara yang cukup mudah untuk menciptakan kemandirian pada anak sejak dini.

3. Jangan buru-buru "menyelamatkan anak"

Ketika anak sedang ada masalah, jangan buru-buru "menyelamatkannya". Coba untuk memberinya waktu melakukan hal yang ia bisa terlebih dahulu. Kita bisa memberinya saran dan masukan, tapi jangan langsung memberinya solusi atau jalan keluar. Anak-anak biasanya bakal menemukan jalan keluar dengan cara yang tak pernah kita duga.

4. Tunjukkan empati kita

Anak perlu tahu kalau kita selalu ada untuknya. Kita bisa menunjukkan empati kita dengan mengungkapkan kalau kita ingin dia belajar mandiri demi kebaikannya di masa depan. Sebagai orangtua, kita perlu bisa bersikap suportif tanpa membatasi anak untuk bisa belajar lebih mandiri dari waktu ke waktu.

5. Jangan langsung menyudutkan anak bila melakukan kesalahan

Saat anak melakukan kesalahan, jangan langsung menyudutkannya. Melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Dengan mengambil pelajaran dari kesalahan atau kegagalan yang dialaminya, mental dan kepribadian anak bisa lebih kuat sehingga dapat lebih mandiri lagi ke depannya.

Membantu anak untuk lebih mandiri sangat membutuhkan peran dan keterlibatan kita sebagai orangtua. Semoga dengan kita yang selalu mendukung dan membantunya, anak bisa tumbuh jadi pribadi yang lebih mandiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading