Sukses

Parenting

7 Tips Meningkatkan Produksi ASI

Fimela.com, Jakarta Demi memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi si kecil, kita perlu memberikan ASI dengan baik dan cukup. Hanya saja kadang ada kendala produksi ASI yang masih kurang atau tidak mencukupi. Selain meningkatkan konsumsi makanan yang baik untuk ibu menyusui, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan unutk meningkatkan produksi ASI.

Dilansir dari momjunction.com, ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba untuk meningkatkan produksi ASI. Bila kita merasa produksi ASI kita menurun, kita bisa coba melakukan hal-hal berikut ini.

1. Beri ASI setiap dua jam

Produksi ASI sangat dipengaruhi oleh konsep ada penawaran ada permintaan (demand and supply). Semakin rutin kita menyusui, maka produksi ASI bisa meningkat. Kia bisa coba menyusui si kecil setiap dua jam sekali untuk merangsang peningkatkan produksi ASI.

2. Susui bayi di sisi kanan dan kiri

Usahakan bayi menyusu dari payudara kiri dan payudara kanan. Ganti posisi setiap dua hingga tiga kali setiap kali menyusui si kecil. Saat si kecil sudah selesai menyusu dari satu sisi payudara, maka ganti susui ia dengan payudara satunya.

3. Istirahat cukup

Ibu juga perlu mendapat istirahat cukup serta mengonsumsi makanan sehat agar produksi ASI lancar. Saat sedang menyusui pun, kita perlu benar-benar fokus menyusui bayi tanpa disibukkan dengan aktivitas lain.

4. Hindari stres

Kondisi stres juga bisa memberi pengaruh besar pada produksi ASI. Kita perlu benar-benar mengondisikan tubuh dan pikiran untuk tidak gampang stres. Ada banyak cara dan kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghindari stres, seperti melakukan meditasi, latihan pernapasan, hingga olahraga ringan yang teratur.

5. Gunakan bra yang nyaman

Kalau bra yang dikenakan terlalu ketat, maka bisa mempengaruhi produksi ASI. Bahkan efeknya bisa menghambat produksi ASI dan menyumbat saluran ASI.

6. Skin-to-skin

Saat menyusui usahakan sebagian besar permukaan kulit kita bersentuhan dengan kulit bayi. Kita bisa mendekap bayi tanpa menggunakan baju atasan untuk menciptakan kedekatan sekaligus merangsang hormon untuk memproduksi lebih banyak ASI.

7. Pompa ASI

Kita bisa memompa ASI di sela atau di antara waktu menyusui si kecil. Bisa cukup memompa ASI selama 2-5 menit untuk menjaga produksi ASI.

Memijat payudara secara lembut juga bisa jadi salah satu cara untuk merangsang produksi ASI. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, maka produksi ASI nantinya bakal bisa lebih optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading