Sukses

Parenting

4 Manfaat Istimewa Membacakan Buku pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Membacakan buku pada bayi bisa memberi banyak sekali manfaat positif. Sekalipun bayi masih belum mengenal huruf dan belum mampu membaca, tapi membacakan buku padanya bisa memberinya banyak manfaat.

Sebenarnya sejak bayi masih dalam kandungan, ibu bisa mulai membacakan cerita dengan suara lantang agar bayi sudah bisa mengenal suara ibunya sejak dini. Dikutip dari momjunction.com, menurut American Academy of Pediatrics, membacakan buku pada bayi itu tak perlu menunggu bayi bisa bicara dulu. Malah semakin cepat kita mulai mengenalkan buku dan membacakan cerita padanya, maka dampaknya akan lebih baik.

Setidaknya ada empat manfaat yang bisa didapatkan dengan membacakan buku pada bayi. Selengkapnya, yuk ikuti infonya di sini.

Meningkatkan kemampuan mendengar bayi

Ketika kita membacakan cerita pada bayi, maka ini bisa merangsang bayi untuk mulai tertarik dengan suara-suara. Hal ini pun bisa bantu meningkatkan kemampuan mendengar bayi. Selain itu, bayi juga bisa merasa nyaman dan senang saat kita bisa menghabiskan waktu bersamanya membacakan buku.

Meningkatkan imajinasi dan kosakata

Dengan membacakan buku pada si kecil, maka imajinasi dan kosakatanya akan meningkat. Kemampuan berkomunikasi anak pun bisa ikut meningkat seiring waktu berjalan.

Meningkatkan daya ingat

Saat mendengarkan cerita, si kecil bisa meningkatkan daya ingatnya. Semakin banyak mengenal angka, huruf, warna, dan cerita maka daya ingatnya pun akan semakin bertambah.

Meningkatkan kemampuan sosialnya

Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan berbagai macam kata yang mengekspresikan emosi bisa meningkatkan kemampuan emosi dan sosial si kecil. Kemampuan sosial anak bisa meningkatkan karena dia distimulasi untuk menyentuh, melihat, dan merespon cerita yang dibacakan.

Membacakan buku, mendongeng, atau membacakan cerita bisa memberi dampak yang sangat positif untuk si kecil. Yuk moms mulai dari sekarang kita biasakan untuk lebih rutin membacakan cerita-cerita menarik pada buah hati tercinta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading