Sukses

Parenting

5 Kondisi yang Bisa Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

Fimela.com, Jakarta Menjadi anugerah tersendiri bila kita bisa hamil anak kembar. Meski menjalani fase kehamilannya bakal sangat berat, namun ada kebahagiaan sendiri yang dirasakan. Tapi tahukah faktor apa yang membuat seorang prempuan bisa punya peluang besar untuk hamil anak kembar?

Dilansir dari verywellfamily.com, ada beberapa hal atau faktor yang bisa meningkatkan peluang hamil anak kembar. Mulai dari usia hingga faktor keturunan. Selengkapnya, yuk simak infonya di bawah ini.

Usia di atas 30 tahun

Perempuan yang berusia di atas 30 tahun memiliki peluang besar hamil anak kembar. Hal ini karena hormon perangsang folikel (follicle stimulating hormone, FSH) meningkat saat perempuan bertambah usia. FSH ini juga memiliki peran dalam perkembangan telur di ovarium sebelum dilepaskan. Meski di sisi lain meningkatnya FSH bisa menurunkan fertilitas tapi terkadang hal ini bisa menyebabkan pelepasan dua atau lebih telur yang menyebabkan hamil anak kembar.

Indeks Massa Tubuh di atas 30

Perempuan dengan indeks masa tubuh di atas 30 bisa berpeluang lebih tinggi bisa hamil anak kembar. Hal ini karena lemak berlebih pada tubuh bisa meningkatkan kadar estrogen. Semakin tinggi kadar estrogen maka peluang untuk melepaskan lebih dari satu telur saat ovulasi bisa meningkat.

Tinggi badan sekitar 164 cm

Perempuan bertubuh tinggi juga berpeluang besar bisa hamil anak kembar. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa perempuan yang tinggi badannya kurang lebih 164,8 cm berpeluang lebih besar hamil anak kembar dibandingkan perempuan yang tinggi badannya kurang lebih 161,8 cm. Meski penyebab utamnya belum diketahui pasti, tapi pengaruh asupan gizi (yang memengaruhi tinggi badan) juga bisa meningkatkan peluang untuk bisa hamil anak kembar.

Faktor keturunan

Kalau dalam keluarga ada yang punya anak kembar, maka peluang untuk hamil anak kembar pun meningkat. Bila ada riwayat atau anggota keluarga yang punya anak kembar fraternal dari pihak perempuan, maka peluang untuk bisa melepaskan satu telur setiap siklus lebih besar. Sementara kalau ada anggota keluarga yang punya anak kembar fraternal dari pihak pria, maka peluang pria untuk menghasilan banyak sperma untuk membuahi lebih dari satu telur juga lebih besar.

Banyak mengonsumsi hasil olahan susu (dairy products)

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi banyak hasil olahan susu (dairy products) berpeluang lebih besar bisa hamil anak kembar. Sebuah teori pun menyebutkan hal ini bisa terjadi karena hormon pertumbuhan yang diberikan pada hewan sapi mempengaruhi kadar hormon pada tubuh manusia yang mengonsumsi hasil olahan susu sapi.

Peluang untuk hamil anak kembar bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor dan kondisi. Dan yang tak kalah penting adalah selalu periksakan diri ke bidan atau dokter kandungan selama masa kehamilan untuk mencegah risiko terjadinya komplikasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading