Jus Buah Kemasan Lebih Berbahaya Dibanding Soft Drink

Fimela25 Agu 2013, 13:30 WIB
(c) shutterstock

Jika ditanya mana yang lebih sehat, jus buah kemasan atau soft drink? Anda mungkin akan memilih jus buah karena selalu ada embel-embel minuman sehat. Tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa jus buah kemasan tidak lebih sehat dibandingkan minuman bersoda.

Menurut Robert Lustig, penulis buku Fat Chance: The Bitter Truth About Sugar, gula yang terkandung dalam jus buah kemasan sama buruknya dengan soft drink. Walaupun tidak mengandung lemak, gula adalah salah satu penyebab obesitas.

"Kalori untuk kalori, 100 persen jus jeruk sangat buruk untuk Anda dibandingkan minuman bersoda," ujar Robert, seperti dilansir oleh situs Newsmaxhealth.com.

Pernyataan tersebut dikuatkan dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak di sebuah klinik San Fransisco. Anak-anak tersebut mengalami kelebihan berat badan karena sering mengonsumsi jus buah dalam kemasan.

Sebagai perbandingan, dalam satu porsi jus buah kemasan mengandung lebih dari empat sendok teh gula. Jika Anda dan keluarga menyukai jus buah, akan lebih baik jika jus buah itu diolah sendiri dan tidak diberi gula atau hanya sedikit diberi gula.

 

(vem/yel)