Siswa Gemuk, Sekolah Kirim Surat Peringatan ke Orang Tua

Fimela23 Agu 2013, 09:30 WIB
(c) shutterstock

Surat peringatan dari sekolah yang dikirim ke orang tua biasanya karena anak melanggar tata tertib, membolos, belum bayar uang sekolah dan hal-hal akademik lain. Namun sekarang, sekolah di Amerika Serikat diharapkan memberi surat peringatan pada orang tua yang memiliki anak gemuk.

Agar anak tidak obesitas dan lebih sehat

Nama surat peringatan ini adalah 'Fat Letter' atau 'Surat Lemak'. Setiap sekolah diminta untuk mengukur tinggi badan, berat badan, dan index massa tubuh siswa-siswanya. Jika perhitungan tersebut masuk kategori kelebihan berat badan dan obesitas, sekolah akan mengirimkan surat untuk orang tua. Surat ini dikirim pribadi dan rahasia, sehingga murid lain atau keluarga lain tidak ada yang tahu.

"Obesitas adalah epidemi di negara kita (Amerika Serikat), dan hal ini mengorbankan kesehatan dan harapan hidup anak-anak. Kita harus menemukan cara untuk meningkatkan kesadaran akan hal ini, dan untuk menurunkan stigma yang terkait dengan obesitas, sehingga anak-anak kita dapat tumbuh dan menjalani kehidupan dewasa yang sehat, " kata Michael Flaherty, seorang dokter anak di Baystate Medical Center, dilansir oleh situs Newsmaxhealth.com.

Pro dan kontra Surat Gemuk

Program ini sudah dilakukan beberapa sekolah sejak tahun 2009. Anak-anak adalah tanggung jawab orang tua, termasuk kesehatan dan ukuran tubuhnya. Maka surat ini dianggap bisa menurunkan angka kegemukan dan obesitas pada anak. Namun beberapa orang tua menganggap cara ini bisa menimbulkan gangguan makan dan tekanan pada anak.

Teori anak gemuk adalah sehat sebenarnya menyesatkan. Dr Michael menambahkan bahwa dari hari ke hari, makin banyak anak dan remaja yang datang ke kliniknya dengan masalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan sebagainya. Masalah kesehatan tersebut salah satunya disebabkan kegemukan.

(vem/yel)