Gadget Ancam Kondisi Anak Anda

Fimela20 Okt 2013, 16:27 WIB

Di era modern seperti sekarang, sangat sulit memisahkan diri dari gadget. Orang tua, muda, hingga anak-anak, semuanya telah mengalami ketergantungan terhadap kemajuan teknologi ini. Pengetahuan lebih lanjut yang dimiliki oleh orang-orang dewasa membuat mereka mampu menggunakan gadget dengan lebih bijak. Namun bagaimana dengan anak-anak?

Terlalu banyak menggunakan gadget akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak. Seperti dilansir dari situs chitrangadasharan, berikut adalah dampak-dampak yang ditimbulkan jika anak terlalu banyak menggunakan gadget.

Menyebabkan obesitas
Dengan terlalu banyak bermain gadget, aktivitas fisik anak akan semakin berkurang. Mereka hanya akan duduk dan tidak melakukan kegiatan fisik lain. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya obesitas pada anak-anak.

Tak bisa beradaptasi dengan lingkungan
Jika waktu anak terlalu banyak mereka gunakan untuk bermain gadget, mereka akan lebih menikmati kehidupan ‘virtual’nya. Sedangkan mereka harus berinteraksi dengan orang lain di dunia nyata. Hal ini kemudian dapat memicu terjadinya stress, depresi serta rasa kesepian.

Mengurangi kecerdasan
Dengan terlalu banyak menggunakan gadget, anak akan semakin bergantung dan tidak mau dan tidak mampu mengandalkan kemampuannya sendiri. Sebagai contoh adalah penggunaan kalkulator. Jika terlalu banyak menggunakannya, bisa jadi seorang anak tak mampu menghitung meskipun hanya operasi bilangan sederhana.

Mengganggu rutinitas anak
Jika terlalu sering memainkan gadgetnya, jadwal anak untuk makan, tidur dan mengerjakan PR akan terganggu. Perbolehkan putra-putri Anda bermain gadget, namun berikan batasan dan tetap latihlah mereka untuk disiplin.

Kecanduan gadget
Jika anak Anda sudah kecanduan terhadap gadget, akan sangat sulit untuk memisahkan mereka dengan mainannya. Sedangkan berbagai hal negatif telah mengincar mereka jika terus menggunakan gadget. Maka dari itu, cegah putra-putri Anda dari kecanduan gadget ini.

Itulah beberapa hal yang harus disadari dari terlalu banyak menggunakan gadget bagi anak-anak. Dampak buruk mulai dari kegemukan hingga tidak mampu berinteraksi sosial merupakan sebuah peringatan untuk memberikan porsi secukupnya dalam mengonsumsi fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh gadget.

(vem/ris/and)