Agar Anak Tidak Obesitas, Tegakah Anda Memberinya Piring Kecil?

Fimela04 Des 2013, 14:26 WIB
Foto: shutterstock

Pendapat bahwa anak yang gemuk itu sehat semakin tergerus. Banyak orang tua sadar bahwa anak yang gemuk tidak selalu sehat. Berat badan anak yang ideal adalah PR besar untuk para orang tua. Salah satu caranya adalah dengan memberikan mangkuk atau piring yang ukurannya lebih kecil.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mangkuk yang lebih kecil bisa jadi cara mudah membantu anak-anak makan dalam porsi yang pas. Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini menunjukkan bahwa anak yang makan dengan mangkuk besar akan mengonsumsi makanan lebih banyak dibanding porsi yang seharusnya, dilansir oleh Newsmaxhealth.com, Rabu (2711).

"Cara tercepat bagi orang tua yang ingin membantu anak-anaknya memiliki berat badan ideal bisa memberikan mereka mangkuk atau piring yang lebih kecil," ujar Profesor Brian Wansink, ketua penelitian dari Cornell University.

Sementara itu penelitian yang hampir sama menemukan hasil yang tidak jauh berbeda. "Mangkuk yang lebih besar menyebabkan anak-anak meminta makanan hampir dua kali lipat makanan yang normal, inilah yang menyebabkan peningkatan asupan makanan dan mengonsumsi makanan tidak sehat lebih tinggi," ujar Koert van Ittersum, peneliti dari University of Groningen.

Sekarang kembalikan lagi pada Anda, apakah Anda bersedia memberikan piring yang ukurannya sesuai dengan porsi makan anak, atau tetap memakai piring besar untuk anak-anak.

(vem/yel)