Ayah Gemuk, Anak Perempuannya Cenderung Gemuk Juga

Fimela18 Jan 2014, 12:25 WIB
Foto: shutterstock

Ayah yang memiliki masalah kegemukan cenderung mewariskan hal itu pada anak perempuannya, termasuk risiko diabetes dan penuaan dini. Demikian peringatan dari sebuah penelitian, dilansir oleh Newsmaxhealth.com.

Berat badan seorang pria saat masa pembuahan akan mempengaruhi gen bayinya, terutama jika anak tersebut berjenis kelamin perempuan. Dampak berat badan ayah akan membuat berat badan anak perempuannya meningkat, termasuk risiko diabetes serta penuaan dini. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam The Federation of American Societies for Experimental Biology Journal (FASEB).

"Dalam jangka waktu lama, kita tahu bahwa kondisi kesehatan perempuan sebelum hamil dan saat hamil berpengaruh pada anak-anaknya kelak. Namun hal yang sama ternyata juga berlaku untuk para ayah," ujar Gerald Weissmann, seorang editor FASEB Journal.

Karena itu, para ayah yang sedang merencanakan memiliki anak, sebaiknya mulai peduli dengan berat badannya. Tidak hanya untuk kesehatan dirinya sendiri, tetapi juga untuk anak-anaknya.

(vem/yel)