Sukses

Parenting

6 Tanda Bayi Sedang Tumbuh Gigi (Teething)

Fimela.com, Jakarta Kapan bayi mulai tumbuh gigi? Umumnya bayi mendapatkan gigi pertamanya ketika berusia 6 bulan. Tapi gigi bayi juga bisa tumbuh lebih pada usia 3 bulan dan bisa tumbuh cukup terlambat pada usia 14 bulan.

Biasanya si kecil akan rewel ketika tumbuh gigi. Proses tumbuh gigi ini biasanya berlangsung sekitar dua tahun. Hanya saja ketika gigi pertama muncul, prosesnya akan terasa agak menyakitkan. Di sini kita perlu lebih peka ketika anak mulai tumbuh gigi agar kita bisa membantu meredakan sakitnya.

Dilansir dari Parenting, ada sejumlah tanda bayi sedang tumbuh gigi. Selengkapnya, langsung simak infonya di sini ya moms.

1. Suka menggigit

Tekanan yang ditimbulkan dari gigi yang baru mau tumbuh biasanya membuat bayi ingin meredakannya dengan cara mengigit atau mengunyah sesuatu. Insting mengunyah dan menggigitnya bisa makin kuat saat mulai tumbuh gigi.

2. Gusi tampak bengkak

Bila gusi si kecil tampak bengkak dan kemerahan, bisa jadi ini tanda gigi akan tumbuh. Secara rutin kita perlu memeriksa hal ini agar bisa mengantisipasi bila si kecil mulai rewel karena tumbuh gigi.

3. Sering meneteskan air liur

Sebenarnya ada banyak faktor penyebab bayi meneteskan banyak air liur. Ruam-ruam di area mulut juga bisa menyebabkan bayi sering meneteskan air liur. Sering meneteskan air liur pun jadi salah satu tanda tumbuh gigi.

4. Sering rewel, khususnya pada malam hari

Bayi sering rewel. Sering menangis dan susah ditenangkan, khususnya pada malam hari. Bila anak sering rewel, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena tumbuh gigi.

5. Sering menarik-narik telinga

Rasa nyeri pada rahang akibat tumbuh gigi bisa menjalar hingga saluran telinga. Bila si kecil sering menarik-narik telinganya, ada kemungkinan dia sedang berusaha meredakan nyeri pada giginya yang baru mau tumbuh.

6. Perubahan kebiasaan makan

Yang tadinya sudah bisa makan dengan menggunakan sendok, kini lebih memilih makan langsung dengan tangan. Yang tadinya sudah bisa menikmati makanan padat, beralih ingin menikmati susu dari botol saja. Perubahan kebiasaan makan ini pun bisa menjadi salah satu tanda tumbuh gigi.

Untuk meredakan nyeri pada tumbuh gigi anak, kita bisa membantu memijat atau mengusap-usap pipinya. Saat memberikan makanan pun, sebaiknya pilih yang lunak agar mudah digigit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading