Ajaib, Nyanyian Ibu Bermanfaat Untuk Pertumbuhan Bayi Prematur

Fimela21 Feb 2014, 15:15 WIB
Foto : copyright shutterstock.com

Memang tidak ada wanita di manapun yang menginginkan bayinya terlahir prematur. Karena bayi prematur selain membutuhkan perawatan yang lebih ekstra juga beresiko dengan pertumbuhannya. Jika kebetulan Anda atau kerabat Anda mengalami kelahiran prematur, mungkin ini akan menjadi kabar bahagia untuk Anda. Karena ternyata nyanyian ibu bisa membantu perkembangan bayi prematur.

Dilansir dari sciencedaily.com, bayi prematur yang menerima terapi secara intensive yang dikombinasikan dengan terapi musik dan suara ibu menunjukkan kemampuan untuk menyerap makanan lebih baik daripada bayi prematur yang tidak diberikan terapi serupa. Penelitian yang dilakukan melibatkan bayi yang lahir antara 34-36 minggu. Bayi ini menerima terapi setiap 15 menit dalam sehari selama 5 hari berturut-turut. Terapi yang dilakukan yaitu dengan memasang alat pendeteksi pada dot bayi. Ketika mereka mulai minum melalui dot suara ibu akan mulai diputar, jika bayi berhenti minum, maka musik akan berhenti.

Menurut Nathalie Maitre, ketua penelitian ini menyebutkan bahwa bayi sangat mengenal dan mencintai suara ibu mereka. Suara ibu terbukti mampu memberikan kontribusi yang luar biasa untuk membantu bayi belajar minum susu dengan baik. Dua lagu yang disetujui untuk dinyanyikan oleh ibu yaitu "Hush Little Baby" dan "Snuggle Puppy." Pada awalnya para ibu merasa gugup untuk bernyanyi, namun akhirnya menemukan kekuatan setelah dokter memberikan pengertian betapa besar manfaatnya untuk si bayi.

Ladies, jangan lupa untuk menyanyikan lagu untuk menidurkan anak Anda ya, bermanfaat sekali lho.

(vem/hyn)