Sukses

Parenting

Minum Minyak Ikan Bikin Pintar, Mitos Atau Fakta?

Anda pernah diberi minyak ikan saat masih kecil? Biasanya para orang tua akan memberikan minyak ikan pada anaknya dengan harapan anak jadi lebih pintar. Penelitian terbaru menjawab hal ini.

Sebuah hasil penelitian yang ditulis dalam Journal of Neuroscience menunjukkan bahwa monyet yang diberi minyak ikan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi memberi manfaat yang besar, terutama di bagian otak. Monyet yang rutin diberi asam lemak omega-3 mengalami perkembangan jaringan otak yang kompleks.

Dengan anatomi tubuh dan kemiripan dengan manusia, para ilmuwan meyakini bahwa efek yang sama juga bisa terjadi pada manusia. Ditambah lagi dengan data-data penelitian sebelumnya, konsumsi minyak ikan atau ikan kaya asam lemak omega-3 memang berhubungan dengan fungsi otak.

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan ada dalam makanan alami, misalnya ikan salmon, tuna, mackerel dan sebagainya.

Dalam penelitian, hasil scan otak menunjukkan bahwa monyet yang rutin diberi asam lemak omega-3 memiliki otak dengan kesehatan lebih baik. Jaringan sel saraf terorganisasi dengan baik dan dapat berpengaruh besar pada kecerdasannya. Karena itu, tidak ada salahnya mulai memasukkan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dalam menu sehari-hari.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading