Sukses

Parenting

Rahasia Terbesar Hubungan Ibu Dan Anak Ternyata Dapat Dibuktikan Secara Ilmiah, Lho!

Ayah, paman, bibi, kakak-adik, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya dapat menjadi orang-orang yang sangat penting bagi kehidupan anak. Begitu pula dengan kehadiran ibu yang melahirkannya. Tetapi dari seluruh anggota keluarga, ternyata ibu benar-benar terbukti secara ilmiah punya pengaruh yang sangat kuat terhadap anak, lho.

Dilansir oleh psychologytoday.com, pola dasar pertama yang ada dalam ingatan seorang anak berasal dari sang ibu. Misalnya, saat bayi mengambil nafas saat menyusui, 'mamamama' adalah suara yang keluar. Tentunya ini berhubungan dengan cara anak memanggil ibunya (mama, momma, mom, mommy). Selain itu, lebih dari 90% ibu yang diteliti, mampu mengidentifikasi bayi mereka dengan aromanya setelah menghabiskan waktu 10 menit bersama mereka. Begitu pula dengan bayi yang dapat mengetahui aroma tubuh ibunya. Bahkan penelitian tentang aroma tubuh ini membuktikan bayi dapat menjadi tenang dan berkurang rasa sakitnya saat mencium aroma tubuh ibu atau ASI ibunya.

Bagi para ibu yang merawat sendiri bayinya, Anda patut berbangga karena merawat bayi terbukti melepaskan gelombang besar oksitosin, lhol. Oksitosin adalah hormon cinta sekaligus hormon yang paling kuat dalma tubuh. Membelai, memijat dan memeluk bayi dapat menghasilkan rasa bahagia si kecil. Tindakan sederhana seperti menatap mata bayi akan meningkatkan hormon oksitosin ibu dan anak. Wah tak heran yang jika ada yang bilang ibu adalah cinta pertama anaknya.

Ikatan batin ibu dan anak memang tak bisa dilihat lewat mata telanjang tetapi bagaimana kehadiran ibu berpengaruh pada kehidupan anak begitu pula sebaliknya, membuktikan bahwa cinta dan kasih ibu itu nyata adanya.

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading