Jangan Sepelekan Kegiatan Makan Bersama Keluarga, Inilah Manfaatnya Bagi Anak Anda

Fimela02 Jun 2014, 11:20 WIB
Foto: copyright shutterstock.com

Masalah obesitas merupakan masalah kesehatan yang akhir-akhir ini menjadi sorotan dunia. Pasalnya, kini masalah obesitas tak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak pun rentan mengalami masalah kelebihan berat badan ini.

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari University of Adger di Norwegia menemukan bahwa masalah obesitas pada anak ternyata dapat diatasi. Makan bersama-sama keluarga adalah cara yang dianggap efektif menanggulangi kecenderungan makan berlebih pada anak. Kok bisa ya?

Dalam studi yang dilakukan pada 8.000 anak di delapan negara Eropa, para peneliti menemukan mereka yang rutin makan bersama keluarga sekitar 5 kali seminggu terbukti mengurangi resiko obesitas sebanyak 40%. Angka ini cukup terpaut jauh dari mereka yang hanya makan bersama orang tuanya sekitar tiga kali dalam seminggu.

Makan bersama, terutama saat pagi hari, dapat mengurangi kecenderungan anak untuk mengemil makanan yang tidak sehat sepanjang hari. "Makan bersama menjadi momen pengikat rasa kekeluargaan dan bagaimana keluarga bersatu. Barangkali memang makan malam tidak akan membuat Anda kurus, tetapi sebuah aktivitas bersama keluarga yang diselenggarakan oleh orang tua dapat menjadi kontrol terhadap aturan yang diatur oleh keluarga. Misalnya, tentang waktu menonton TV, waktu belajar hingga apa yang baik dan tidak baik dimakan oleh anak."

Dalam acara makan bersama keluarga, orang tua dan orang yang lebih dewasa dapat memberi contoh konsumsi makanan-makanan sehat sehingga sang anak akan terpengaruh untuk menirunya. Hmm, ternyata manfaat makan bersama keluarga cukup besar ya. Anda? Adakah tradisi makan bersama keluarga yang menarik di keluarga Anda?

(vem/wnd)