Sukses

Parenting

Kapankah Saat yang Tepat untuk Memiliki Anak Kedua?

Apakah Anda seorang ibu muda yang baru saja melahirkan anak pertama? Sebagian besar ibu muda biasanya akan kebingungan untuk menentukan kapankah saat yang tepat untuk memiliki anak kedua. Merencanakan kehamilan itu sangat penting. Bukan hanya agar bisa mendapatkan keluarga ideal yang diinginkan tetapi juga untuk kesehatan sang ibu sendiri. Jadi, kapankah saat yang tepat untuk memiliki anak kedua?

Menunggu Selama 18 Bulan
Seperti yang dilansir oleh thestir.cafemom.com, sebaiknya menunggu hingga 18 bulan setelah melahirkan anak pertama untuk hamil yang kedua. Jika Anda hamil anak kedua kurang dari 18 bulan setelah melahirkan anak pertama, maka Anda berisiko tinggi melahirkan bayi prematur. Bahkan bayi kedua yang dilahirkan kurang dari 37 minggu setelah sang ibu melahirkan bayi pertama memiliki risiko terkena gangguan sistem syaraf.

Emily DeFranco, yang ikut terlibat dalam penelitian University of Cincinnati  menyebutkan bahwa risiko berbahaya melahirkan itu akan lebih tinggi jika interval atau jarak kelahiran itu semakin kecil. Ia pun menyarankan agar para ibu yang baru melahirkan bayi pertama langsung berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk merencanakan kehamilan yang berikutnya.

Apakah Semua Wanita Harus Menunggu 18 Bulan untuk Memiliki Anak Kedua?
Ada pendapat yang menyebutkan selama sang ibu masih di usia produktif untuk melahirkan dan sehat, ia bisa memiliki anak kedua kapan saja. Selain itu, untuk para ibu yang sudah berusia sekitar 35 tahun ke atas, akan sangat berisiko untuk harus menunggu waktu 18 bulan untuk mendapatkan anak kedua.

Kalau Anda sendiri bagaimana, apakah Anda sudah punya rencana kapan akan memiliki anak kedua? Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya saat Anda merencanakan anak kedua ini.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading