Sukses

Parenting

Tips Agar Anak Berhenti Mengompol

Setiap bayi atau anak-anak pasti mengalami kebiasaan mengompol. Ini merupakan bagian dari tahap pertumbuhan mereka. Untuk menghindari hal ini alangkah pentingnya untuk melatih mereka untuk buang air di toilet. Pelatihan ini harus dimulai dari tahap yang sangat awal agar semakin memudahkan orang tua. Ada beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan mengompol pada anak Anda seperti yang telah dilansir oleh boldsky.com berikut ini.

Persiapan Sebelum Tidur

Sebelum tidur, ajaklah anak Anda untuk ke kamar mandi. Jika memang ia merasa ingin buang air kecil maka perintahkanlah ia untuk mengeluarkannya sebelum tidur. Lakukan ini setiap hari sehingga nantinya akan menjadi kebiasaan baginya. Ini akan memudahkan Anda dan menghindarkan Anda dari bangun tengah malam karena harus mengantarkannya ke kamar mandi atau bahkan mengganti sprei karena ia mengompol.

Air Minum

Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak memberi banyak air minum sebelum tidur. Ini akan membuat rendah level urine dan mencegah anak mengompol. Ini juga akan membuat tidur mereka lebih nyenyak karena tidak harus terbangun di tengah malam.

Alarm

Anda bisa juga mengeset alarm untuk menemani anak Anda pipis di tengah malam. Jika memang anak belum siap lepas dari diapers ada baiknya untuk mencoba memakaikan diapers namun sistem alarm ini tetap dijalankan.

Medical Check up

Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun masih belum berhasil dalam waktu 3-6 bulan ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Siapa tahu anak Anda memiliki masalah dengan konstipasi dan lain sebagainya. Konsultasi dengan dokter akan menemukan penyebab mengapa cara-cara tersebut tidak berhasil dalam melatih anak agar tidak mengompol.

Hadiah

Salah satu jalan keluar untuk mengatasi anak yang sering mengompol adalah dengan memberinya hadiah jika ia berhasil tidak mengompol. Ini akan membuat mereka termotivasi. Hadiah yang Anda berikan tak harus hadiah yang mahal. Yang terpenting hadiah ini bisa membuat mereka melatih diri agar tidak mengompol di malam hari.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Ladies.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading