Ibu Pemberani Lakukan Operasi Laser Untuk Selamatkan 3 Janin Kembarnya

Fimela30 Des 2014, 13:49 WIB
Photo: Copyright dailymail.co.uk

Bagi setiap orangtua, kehadiran buah hati merupakan karunia terbesar dalam hidup. Saat seorang wanita mengandung tentu menginginkan anak yang dikandungnya bisa lahir dengan selamat. Kecanggihan dalam dunia medis dari hari ke hari banyak membantu para ibu mendapatkan bayinya lahir selamat dan sehat. Hal ini juga terjadi pada seorang ibu muda Laura Singer yang akhirnya bisa memiliki buah hati 3 sekaligus dan semuanya lahir selamat.

Dilansir dari dailymail.co.uk, Laura diperkirakan akan melahirkan pada bulan januari 2015, namun saat menjalani pemeriksaan, dokter memberi tahunya bahwa terjadi masalah pada kehamilannya. Ia memiliki bayi kembar 3 dalam kandungannya. Satu bayi dalam kandungannya bisa mendapatkan asupan makanan secara normal namun untuk kedua bayi lainnya tidak bisa melakukannya.

Ketiga bayi kembar masih dalam perawatan medis rumah sakit | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Pihak rumah sakit mendiagnosis penyakit langka yang disebut Twin Twin Transfusi Syndrome (TTTS). Dua bayi dalam rahim Laura mengalami kembar identik. Mereka mengambil makanan serta suplai darah langsung dari plasenta yang sama. Hal inilah yang menyebabkan tumbuh kembang keduanya tidak maksimal.

Jika hal ini terus berlangsung maka bayi dalam kandungan Laura tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kemungkinan lain bahkan salah satu bayi akan meninggal di kandungan. Masalah ini ditemukan dokter yang menangani kesehatan Laura setelah usia kehamilan wanita pemilik salon ini berusia 17 minggu.

Untuk menyelamatkan ketiga bayi, dokter menyarankan Laura dan suami untuk melakukan operasi. Operasi yang dilakukan rentan berisiko bagi bayi maupun sang ibu. Meskipun satu bayi berkembang dengan baik, besar kemungkinan operasi justru bisa membunuhnya. Mengetahui hal ini, suami Laura yang bernama Halliwell mengaku merasa sangat cemas.

Rumah sakit tempat operasi berlangsung | Photo: Copyright dalymail.co.uk

Namun tidak ada pilihan lain untuk menyelamatkan kandungannya. Meskipun keberhasilan operasi dinilai sangat kecil, untuk menyelamatkan buah hatinya Laura melakukan operasi berisiko tersebut. Operasi dilakukan oleh Dr Amar Bhide di Rumah Sakit ST George di Tooting, London pada bulan Oktober.

Operasi ini begitu menegangkan bagi keluarga Laura maupun pihak rumah sakit dan seluruh staf yang ada di sana. Melalui perjuangan panjang, akhirnya ke 3 bayi prematur bisa lahir dengan selamat dan mendapatkan suplai makanan yang baik. Tiga bayi mungil tersebut diberi nama Eilah, Erin dan Elsie.

Mengingat ke 3 bayi tersebut lahir prematur, mereka harus tinggal di rumah sakit sampai memiliki berat badan ideal dan memungkinkan untuk dirawat di rumah. Setelah lebih dari 4 minggu di rawat di rumah sakit, bayi Eliah dan Erin bisa dibawa pulang pada awal Desember. Sedangkan si kecil Elsie harus tinggal lebih lama sampai pertengahan Desember.

Nampak kebahagian dari keluarga Laura bersama tiga bayi kembarnya | Photo: Copyright dailymail.co.uk

Halliwell ayah ke 3 bayi tersebut mengungkapkan bahwa dirinya dan keluarga sangat bahagia. Ia mengatakan bahwa "Mereka begitu kecil ketika mereka lahir, namun melalui perjuangan panjang mereka bisa selamat dan sehat seperti sekarang ini." "Mereka adalah hadiah terindah Natal bagi kami sekeluarga" tambahnya.

Konsultan ahli kandungan Dr Bhide yang melakukan operasi mengatakan "Saya senang semua bayi selamat dan sehat, ini adalah kasus yang langka dimana bayi kembar memperoleh suplai makanan dari plasenta yang sama. Ini adalah operasi rumit yang berisiko besar, namun ketiga bayi tersebut mampu bertahan. Ini kebanggan tersendiri dalam dunia medis."

Semoga saja bayi Eliah, Erin dan Elsie bisa menjadi bayi yang terus tumbuh sehat dan kuat. Dan operasi seperti ini bisa membantu menyelamatkan bayi-bayi lain yang memiliki masalah sama.



(vem/mim)