Sukses

Parenting

Cetak Sejarah, Operasi 17 Jam Mengganti Tempurung Kepala Balita

Seorang  balita berusia tiga tahun mencetak sejarah. Balita bernama Hanhan ini baru saja menjalani operasi penggantian tempurung kepala yang memakan waktu 17 jam. Dan operasi yang baru saja ia jalani telah mencetak sejarah.

Dilansir dari shanghaiist.com, Hanhan menderita congenital hydrocephalus. Tanggal 17 Juli 2015, ia menjalani operasi di Second People’s Hospital, Hunan untuk mengganti tempurung kepalanya. Saat ini ia berada di ruang perawatan intensif untuk observasi dan perawatan lebih lanjut.

Foto: copyright shanghaiist.com

Sekitar 85 persen isi tempurung kepalanya tadinya dipenuhi cairan cerebrospinal. Hal itu mengakibatkan ukuran tempurung kepalanya empat kali lebih besar dari ukuran kepala balita normal. Tubuh kecilnya tak bisa menopang kepalanya yang abnormal. Ia pun hanya bisa terbaring di tempat tidur sejak September tahun lalu. Tanggal 17 Mei 2015, ia dibawa ke rumah sakit Hunan untuk menjalani perawatan dua bulan. Kondisinya membaik tapi tempurung kepalanya makin lemah. Dokter pun memutuskan untuk mengoperasinya demi selamatkan nyawanya.

Ahli bedah saraf pada akhirnya berhasil mengganti sebagian besar tempurung kepalanya dengan 3D-printed titanium mesh. Sekitar 15 kg cairan diambil dari otak Hanhan dalam operasi tersebut. Operasi itu diibaratkan membuka sebuah telur tapi tak boleh merusak membran telur dengan tetap mempertahankan bagian putih dan kuning telur tersebut. Wah, pastinya bukan operasi yang mudah, ya Ladies.

Foto: copyright shanghaiist.com

Tan Lihong, kepala rumah sakit tersebut mengatakan kalau operasi tersebut bebas biaya. Rencana ke depannya, akan ada pengumpulan donasi dan aksi sukarelawan untuk membantu Hanhan menjalani perawatan selanjutnya.

Operasi yang berlangsung 17 jam tersebut pun mencetak sejarah. Operasi ini dinyatatakan sebagai operasi penggantian tempurung kepala pertama yang sukses di Cina. Kita doakan semoga Hanhan lekas sembuh dan pulih kembali.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading