8 Gangguan Kesehatan Yang Mungkin Dialami Bayi Prematur

Fimela22 Agu 2015, 14:52 WIB
Foto: copyright thinkstockphotos.com

Umumnya, bayi dilahirkan saat usia kehamilan ibu mencapai 37-42 minggu atau sekitar 9 bulan Ladies. Jika bayi lahir kurang dari 37 minggu maka bayi tersebut disebut bayi prematur. Biasanya, semakin awal bayi prematur lahir maka akan semakin besar pula resiko terjadi gangguan kesehatan. Kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan 8 gangguan yang sering dihadapi bayi prematur pada 1 minggu pertamanya seperti yang telah dilansir oleh webmd.com berikut ini.

  • Gangguan pertama yang sering dihadapi bayi prematur adalah gangguan pernafasan. Bayi prematur sangat mungkin mengalami kesulitan dalam bernafas akibat sistem pernafasan yang masih belum terbentuk sempurna.
  • Selanjutnya bayi prematur juga rentan mengalami gangguan jantung. Gangguan jantung yang banyak dialami adalah tekanan darah rendah dan patent ductus arteriosus (PDA). PDA adalah suatu kondisi di mana ada bukaan antara 2 saluran darah besar yang menuju ke jantung. Gangguan ini paling sering dialami oleh bayi yang lahir sebelum minggu ke-30.
  • Bayi prematur yang lahir sebelum 28 minggu akan beresiko mengalami pendarahan pada otak atau yang disebut dengan intrabentricular hemorrhage. Pendarahan ini bisa menyebabkan hidrosefalus atau kondisi dimana otakan terpenuhi banyak cairan.
  • Selanjutnya bayi juga bisa mengalami gangguan pada suhu tubuhnya. Suhu tubuh prematur bisa turun drastis karena mereka tidak punya cadangan lemak di tubuhnya yang cukup. Hypotermia ini bisa mengarah ke gangguan pernafasan dan rendahnya kadar gula darahnya.
  • Bayi prematur juga cenderung mengalami gangguan pada perut dan juga lambung. Namun, ini bisa diatasi dengan selalu memberikan ASI pada si bayi.
  • Gangguan pada metabolisme juga bisa dialami oleh bayi prematur. Bayi-bayi prematur bisa saja mengalami hypoglisemia atau rendahnya kadar gula darah.
  • Selain itu bayi prematur juga bisa mengalami gangguan pada darah. Bayi prematur bisa mengalami anemia dan juga penyakit kuning.
  • Bayi prematur bisa mengalami gangguan pada sistem imun dan terkena infeksi. Ini karena sistem imunnya memang belum berkembang dengan sempurna.


Bagi para bunda yang memiliki bayi prematur alangkah baiknya untuk selalu memantau perkembangan kesehatannya dan selalu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan terbaik bagi si buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda Ladies!

(vem/ivy)