Sukses

Parenting

Hindari Infeksi, Jaga Jahitan Caesar Agar Tetap Kering

Salah satu PR yang harus kita lakukan pascaoperasi caesar adalah menjaga luka bekas jahitan agar tidak terkena infeksi. Pasalnya, dilansir dari laman healthpages.org, kulit kita melindungi organ internal dari infeksi. Nah, operasi akan membuat kulit kita menjadi rusak karena luka sayatan, akibatnya resiko infeksi akan meningkat. Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat dibutuhkan.

Jahitan operasi caesar biasanya akan dicabut dalam 4 sampai 6 hari pascaoperasi, setelah masa pencabutan ini, proses pemulihan akan berjalan secara bertahap. Perban yang dilekatkan pada luka pasca dicabutnya jahitan Anda biasanya dapat dilepas setelah 7 hari. So, selama masa ini, usahakan untuk menjaga luka tetap dalam kondisi kering.

Jika ingin mandi, cukup seka bagian-bagian tubuh tertentu dengan handuk basah untuk menghindarkan luka dari kontak langsung dengan air atau Anda juga bisa melapisi luka jahitan Anda dengan plastik bening agar terhindar dari air. Jika buang air kecil, pastikan untuk segera melap miss V dengan tisu atau kapas.

Selain menjaga agar luka tetap dalam kondisi kering, Anda juga bisa melakukan beberapa upaya untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka, seperti:

    Membersihkan Luka Jahitan

    Anda harus membersihkan luka jahitan setidaknya dua kali dalam sehari supaya tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Cara membersihkan luka jahitan ini adalah dengan membasahi sebatang cotton bud dengan setetes cairan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter. Lalu, usapkan perlahan dan merata ke area luka jahitan dan tunggu sampai kering sebelum menutupnya kembali dengan perban. Selain itu, pastikan Anda menghindari untuk meniup atau mengusap luka jahitan Anda dengan tissue sebab hal ini dapat memicu terjadinya infeksi pada luka.

    Makan Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka

    Untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan operasi caesar, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berimbang. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C serta gandum utuh, seperti sereal dan roti gandum untuk sarapan. Sedangkan untuk makan siang, pilihlah menu yang mengandung protein dan betakaroten. Sebab, makanan yang mengandung protein, zinc atau mineral lain, dan vitamin akan membantu menjaga kesehatan Anda dan mempercepat proses mengeringnya luka jahit.

Jika setelah 7 hari, perban sudah bisa dilepas, Anda sudah bisa melakukan aktivitas normal. Tapi, usahakan untuk tetap berhati-hati dan tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat ya, Bunda. Hal ini perlu diperhatikan supaya Anda terhindar dari resiko yang dapat merugikan kesehatan Anda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading