Sukses

Parenting

Ini dia Tips Mudah untuk Mempercepat Peyembuhan Luka Bekas Operasi Caesar, Baca yuk, Bunda!

Terjadinya infeksi di area jahitan bekas operasi caesar mungkin menjadi salah satu momok terbesar bagi setiap ibu pasca melahirkan. Oleh sebab itu, perawatan luka jahitan yang benar sangat diperlukan agar luka terhindar dari infeksi yang bisa memperlama proses penyembuhan.

Nah, agar luka jahitan bekas jahitan caesar ini tidak mengalami infeksi, cek tips berikut yuk, Bunda.

    Lindungi Luka Jahitan

    Dilansir dari laman www.welcomebabyhome.com, setelah mendapatkan jahitan operasi, Anda harus menghindari kontak langsung dengan air. Jahitan operasi caesar biasanya akan dicabut dalam 4 sampai 6 hari pascaoperasi, setelah masa pencabutan ini, proses pemulihan akan berjalan secara bertahap. Perban yang dilekatkan pada luka pasca dicabutnya jahitan Anda bisa dilepas setelah 7 hari. Selama masa ini, usahakan untuk tidak membasuh luka Anda dengan air untuk mencegah bakteri dalam air masuk ke dalam luka.

    Bersihkan Luka Jahitan

    Selain melindungi luka jahitan dari kontak langsung dengan air, Anda juga harus membersihkan luka jahitan setidaknya dua kali dalam sehari. Caranya basahi sebatang cotton bud dengan setetes cairan antibiotik yang telah diresepkan oleh dokter Anda, lalu usapkan perlahan dan merata ke area luka jahitan dan tunggu sampai kering sebelum menutupnya kembali dengan perban. Oiya! hindari meniup atau mengusap luka jahitan Anda dengan tissue, ya. Sebab, tindakan ini bisa memicu terjadinya infeksi dalam luka jahit.

    Makan Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Luka

    Untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan operasi caesar Anda, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berimbang. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C dan gandum utuh, seperti sereal dan roti gandum untuk sarapan. Sementara untuk makan siang, menu Anda harus mengandung protein dan beta karoten. Makanan yang mengandung protein, zinc atau mineral lain, dan vitamin juga wajib anda konsumsi.

Nah, itulah tips agar luka jahitan pasca operasi caesar Anda cepat kering. Semoga bermanfaat dan cepat pulih ya, Bunda!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading