Sukses

Parenting

5 Tips Bantu Kesehatan Pencernaan Si Buah Hati

Sebagai salah satu tanda anak bergizi baik, kesehatan pencernaan dan buang air besar yang teratur pada si Buah Hati memang perlu untuk diperhatikan. Jika proses buang airnya terganggu, dia akan mengeluh sepanjang hari lantaran perutnya terasa tidak nyaman. Jika sudah demikian, kesehatan pencernaannya akan mulai terganggu.

Agar hal itu tak sampai terjadi pada Buah Hati, Bunda perlu membiasakannya untuk hidup sehat dengan lima tips sebagai berikut.

Mengkonsumsi Banyak Serat

Akibat kurangnya serat dalam tubuh dapat menyebabkan proses buang air besar tidak lancar. Maka dari itu, Bunda perlu memenuhi kebutuhan serat si Buah Hati setiap hari. Dr. John Marshall, seorang profesor kedokteran di MacMaster University, menjelaskan bila setidaknya Buah Hati membutuhkan 20-50 gram serat dalam sehari agar pencernaannya lebih stabil. Beberapa potong pepaya atau alpukat sebagai sumber serat dapat Bunda sajikan ke Buah Hati agar dia tak mudah sembelit.

Jadwal Makan Teratur

Jadwal makan yang kurang teratur juga bisa menyebabkan proses buang air besar tidak lancar. Bunda dapat mengatur kembali jadwal makan si Buah Hati agar lebih teratur. Di samping itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan sehatnya dengan komposisi makan bergizi seimbang.

Rutin Minum Air Putih

Kebutuhan air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Selain dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar, juga dapat membantu proses pencernaan dan melancarkan proses buang air besarnya.

Rajin Berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat, terutama untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Bukan hanya itu, olahraga juga menjadi cara yang baik untuk mempertahankan kesehatan saluran cerna serta mencegah terjadinya gangguan proses buang air besar pada si Buah Hati. Bunda dapat mengajak Buah Hati berolahraga bersama, seperti jogging maupun bersepeda di sekitar rumah.

Jadilah Teladan Hidup Sehat

Buah Hati akan selalu meniru segala hal yang dilakukan orangtua. Tak terkecuali gaya hidup sehat, seperti pola makan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidur tepat waktu dan rajin minum air putih. Biasakan melakukan gaya hidup sehat bersama si Buah Hati, agar dia juga mencontoh dan mengaplikasikannya dengan senang hati.

Saat kelima tips di atas dapat diaplikasikan dengan baik, kesehatan pencernaan dan proses buang air besar si Buah Hati bisa lebih teratur dan terjaga. Nah, maksimalkan tips di atas dengan memastikan asupan gizinya terpenuhi secara seimbang setiap hari. Nestlé DANCOW FortiGro yang diperkaya dengan zat gizi lengkap, seperti Kalsium, Vitamin A, B1, B3, B6, B9, B12, C, D, Zat Besi, dan Zinc akan membantu mendukung kebutuhan gizi seimbang Si Buah Hati. Selamat mencoba, Ladies!

(vem/it/ayu)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading