Sukses

Parenting

Seringkali Berkeringat Saat Hamil, Tak Perlu Cemas Bunda.. Ini Normal Kok

Selama hamil, wanita seringkali mengalami gangguan menyangkut masalah kesehatannya. Gangguan ini beragam, mulai dari ringan sampai yang cukup berat. Beberapa gangguan ringan selama masa kehamilan antara lain mual disertai muntah sampai kesulitan menahan buang air kecil atau yang lebih dikenal dengan istilah inkontinensia urin.

Selain mual disertai muntah serta inkontinensia urin, ibu hamil juga sering mengalami gangguan berupa munculnnya keringat yang berlebih. Keringat berlebih ini tak hanya muncul ketika Anda melakukan aktivitas berat saja, bahkan ketika Anda diam dan tidak melakukan apapun, Anda tetap berkeringat dengan volume yang cukup banyak.

Sementara kondisi ini memang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda, keluarnya keringat berlebih ini, seperti dikatakan dalam laman www.whattoexpect.com, tergolong normal dan wajar kok, Bunda. Jadi, Anda tidak perlu terlalu cemas karenanya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa gangguan kesehatan berupa keluarnya keringat berlebih dan frekuensi yang sering ini, biasanya diakibatkan oleh beberapa kondisi. Salah satu kondisi yang menjadi penyebab munculnya keringat berlebih selama kehamilan ini adalah terjadinya peningkatan aliran darah ke dalam kulit. Ketika aliran darah yang masuk ke dalam kulit meningkat, hal ini akan secara otomatis merangsang kelenjar keringat untuk menstabilkan suhu tubuh, alhasil Anda menjadi lebih banyak berkeringat daripada biasanya.

Selain peningkatan aliran darah yang masuk ke kulit, peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh juga bisa mengakibatkan munculnya keringat selama masa kehamilan. Hormon progesteron bersifat thermogenik yang dapat menyebabkan hawa yang panas. Sehingga, ketika terjadi peningkatan jumlah hormon ini di dalam tubuh, pembuluh darah kecil pada kulit akan melebar dan membuat Anda kepanasan.

Penyebab terakhir dari munculnya keringat berlebih selama masa kehamilan adalah karena usia kehamilan yang semakin bertambah. Usia kehamilan yang bertambah akan membuat volume tubuh juga bertambah. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih mudah berkeringat daripada saat kondisi belum hamil.

Nah, itulah beberapa penyebab yang menjadi alasan kenapa kita seringkali berkeringat berlebih selama masa kehamilan. Meski hal ini tidak berbahaya, pastikan Anda mengonsumsi cukup cairan, jika Anda mengalami gangguan keringat berlebih saat hamil ya? Hal ini diperlukan untuk mengganti jumlah cairan yang keluar saat Anda berkeringat. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading