Sukses

Parenting

Fakta Penelitian: Terbiasa Dekat dengan Kakek Nenek, Hidupmu Lebih Bahagia

Beruntunglah kalau kamu terbiasa dekat dengan kakek nenek. Atau mungkin selama ini kamu tumbuh juga dalam asuhan kakek dan nenekmu? Ada fakta penelitian yang membuktikan seseorang bisa lebih bahagia kalau ia terbiasa dekat dengan kakek dan nenek.

Dilansir dari laman lifehack.org, sebuah penelitian di Bringham Young University menemukan bahwa peran kakek dan nenek sangatlah penting dalam kehidupan cucunya kelak. Dengan kata lain, kebahagiaan seseorang bisa sangat dipengaruhi oleh peran kakek dan nenek dalam hidupnya.

"Hubungan emosional antara kakek nenek dan cucu secara signifikan bisa mempengaruhi perkembangan akademis, psikologis, dan sosial sang cucu. Peran kakek dan nenek bisa lebih penting melebihi orang tua, mereka adalah sosok yang penting," kata Jeremy Yorgasun, asisten profesor di The School of Family Life.


Total ada 408 anak kelas lima yang diberi sejumlah pertanyaan tentang hubungannya dengan kakek nenek mereka. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibuat untuk mengukur kedekatan mereka dengan kakek nenek mereka. Misal, apakah mereka meminta saran dan dukungan dari kakek nenek mereka. Pertanyaan itu kemudian dibuat berkelanjutan setahun kemudian.

"Kami ingin mencari tahu seberapa penting kakek nenek bagi anak-anak, jadi kami menanyakan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan kedekatan emosional dengan kakek nenek," jelas Jeremy.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ketika kakek nenek lebih sering terlibat dalam kehidupan cucunya, sang cucu akan lebih supel dan mudah mengikuti aktivitas sekolah. Mereka punya kemampuan sosial yang lebih baik dan pastinya ini penting dalam perkembangan sosial mereka.

Menurut penelitian tersebut, sumber penghasilan bukanlah faktor yang mempengaruhi kedekatan kakek nenek dengan cucunya. Dibesarkan dengan orang tua tunggal atau orang tua lengkap pun tak mempengaruhi kedekatan kakek nenek dengan sang cucu secara signifikan.

"Cucu bisa merasa aman bersama kakek neneknya. Kakek dan nenek ibarat pelindung negara, kalau ada masalah, mereka akan langsung datang membantu," ujar Jeremy.

Cinta antara cucu dan kakek nenek itu istimewa. Tak ada yang bisa menggantikan dan tak tergantikan. Bahkan dalam hubungannya, yang terasa adalah perasaan bahagia dan bersenang bersama-sama.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat kalau kita bisa membangun hubungan yang dekat dengan kakek dan nenek. Beberapa di antaranya adalah:
  • Kita jadi lebih tahu akar dan asal usul keluarga.
  • Kita bisa lebih percaya diri dan punya kemampuan sosial serta emosional yang baik.
  • Kita bisa belajar berbagai hal dan hobi baru dari kakek dan nenek.
  • Kita dapat memperoleh perhatian dan kasih sayang yang kita butuhkan.

Dengan kata lain, dekat dengan kakek dan nenek bisa membuat kita lebih bahagia. Bahkan sampai kita dewasa sekalipun, memori dan kenangan indah yang kita punya bersama kakek dan nenek akan terus tersimpan dengan baik.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading