Sukses

Parenting

5 Tips dan Trik Mencuci Baju Agar Mencuci Lebih Mudah

Mencuci baju seringkali jadi pekerjaan rumah tangga yang melelahkan, terkadang juga mengesalkan. Ini karena seringkali mencuci baju tidak hanya begitu saja asal dicuci. Butuh sedikit trik agar baju yang dicuci tidak rusak, seperti kelunturan, sobek, terkait dengan baju lain dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar mencuci baju jadi lebih mudah dan kamu tidak kesal karena baju kamu salah cuci.

copyright by goodhousekeeping.com

    Pisahkan baju yang "tidak jodoh" saat dicuci

    Memisahkan baju adalah aturan dasar sebelum mencuci baju. Seperti halnya kamu tahu bahwa harus memisahkan baju hitam dan putih, ada beberapa aturan dasar lainnya yang perlu diperhatikan. Jangan mencampur baju-baju yang akan dicuci dengan celana. Cuci kumpulan baju sendiri dan celana sendiri.

    Balik celana saat akan mencuci

    Sebelum mencuci, balik celana kamu. Yang bagian luar berada di dalam dan bagian dalam di luar. Cara ini bisa memperkecil kemungkinan memudarnya warna pada celana. Jangan lupa mengaitkan kancing dan menutup resleting agar tidak terkait dengan baju lainnya.

    Tambahkan cuka agar baju makin putih

    Agar baju kamu jadi tampak lebih putih dan bersih, saat mencuci baju berwarna putih, tambahkan cuka ke dalam campuran air sabun deterjen. Perbandingannya bisa 2:1 antara deterjen dan cuka.

    Saring air sebelum mencuci

    Air seringkali sudah tercampur dengan mineral-mineral yang ia bawa dari berbagai benda yang dilewati semacam kalsium, magnesium dan berbagai logam dari pipa air, serta pasir atau tanah. Air yang sudah tercampur ini bisa menghambat deterjen bekerja dengan baik membersihkan baju. Bisa membuat warna baju jadi kekuningan atau kusam. Untuk itu, saring air terlebih dahulu, bisa dengan kain atau alat penyaring air.

    Jangan memeras kain yang mudah robek atau pakaian dalam

    Jika punya baju berbahan tipis, sebaiknya jangan memeras dengan keras untuk mengeringkan dari air. Sebaliknya, Ucek-ucek lembut dan gunakan teknik angkat-celup berkali-kali hingga deterjen terbilas semua. Bisa juga menggunakan air mengalir atau di dalam wadah air yang bisa disaring. Begitu juga dengan pakaian dalam. Jika kamu memeras bra, bentuknya jadi rusak.

Itu dia sekian hal yang bisa kamu lakukan jika ingin mencuci pakaian lebih mudah dan tidak merusak pakaian. Punya tips dan trik mencuci lain yang mungkin berguna dan biasa kamu lakukan? Share di kolom komentar ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading