Sukses

Parenting

Pendaran Berlian Dari Danau Kaco Yang Ajaib

Mitos yang dipegang teguh oleh masyarakat Desa Sempur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi ini bahwa pada dahulu kala ada seorang putri cantik yang ingin dipinang oleh banyak pemuda. Para pemuda tadi menitipkan bebatuan mulia kepada Raja Gagak sebagai syaratnya untuk meminang tadi.

Namun karena keserakahannya, Raja Gagak menodai putrinya dan kemudian membenamkan ke dalam danau beserta harta pinangan tersebut. Sehingga warna biru itu terwujud akibat intan berlian dan putri yang dibenamkan di sana.

Terlepas dari mitos yang terhembus dari generasi ke generasi, namun keindahan Danau Kaco bukanlah fatamorgana. Danau yang terletak di bawah naungan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini terletak di ketinggian 1289 mdpl.

©DeriSopian

Berbeda dengan danau pada umumnya, Danau Kaco hanya memiliki luas sekitar 30x30 meter. Namun yang membuat orang berbondong ke sini karena warna birunya yang pekat dan kontras dengan warna air di sekitar danau. Misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini adalah kedalamannya. Sebuah penelitian dilakukan dengan melakukan penyelaman, namun tabung oksigen habis dan penyelam belum sempat menyentuh dasar danau. Meski warnanya yang biru pekat namun pengunjung bisa menyentuh airnya. Danau ini selalu bening dan pengunjung bisa melihat ribuan ikan semah yang berenang di dalamnya.

Keajaiban lainnya, Danau Kaco akan mengeluarkan cahaya yang terang saat gelap gulita. Ketika bulan purnama danau ini akan ramai dikunjungi dengan mendirikan tenda. Tanpa bantuan lampu penerangan sinar dari danau dan pendaran bulan purnama  akan menerangi di malam hari.

Bagaimana Menuju ke Sana?

Tiket pesawat dari Jakarta menuju Jambi sekitar Rp448.000 hingga Rp767.000dengan lama penerbangan sekitar 1 jam 25 menit. Dari bandara perjalanan lanjut dengan mobil sekitar  8 hingga 10 jam dari kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh. Jangan khawatir karena banyak jasa travel yang membuka rute menuju ke sana.

Sampai di Kota Sungai Penuh perjalanan berlanjut selama 90 menit menuju ke Desa Lempur yang menjadi gebang masuk ke Danau Kaco. Untuk menuju ke sana transportasi yang digunakan adalah minibus yang beroperasi hingga pukul 15.00. Karena waktu yang dibutuhkan sekitar seharian ada baiknya untuk menghubungi Komunitas Jelajah Kerinci untuk mengorganisir kebutuhan transportasi dan pemandu.

Menginap di Mana?

Jauhnya tempat tentunya membuat kamu harus transit terlebih dulu di Jambi untuk memulihkan tenaga. Di kota banyak hotel dengan berbagai macam harga serta fasilitas yang diberikan seperti Jambi Raya Hotel, Hotel Lestari Jambi, Amaris Hotel Muara Bungo Jambi, Abadi Hotel Sarolangundan masih banyak lagi.

Selama di Jambi coba untuk keliling kota dan menikmati makanan khas sana seperti Sate Padang Amir yang telah berdiri selama puluhan tahun, gulai ikan semah, ikan endemik Kerinci yang disajikan di rumah makan AL. Sajian yang lezat dan suasana kota yang tenang tentunya akan memberikan malam yang spesial sebelum memulai petualangan.

Perjalanan yang menguras tengah tadi akan terbayarkan begitu sampai di Danau Kaco. Birunya danau yang berpadu dengan hijaunya pemandangan, belum lagi orkestra alam dari suara serangga dan burung membuat perjalanan begitu berharga. Selamat berlibur!

(vem/faj)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading