Sukses

Parenting

Tips Memasukkan Sayuran dalam Menu Makan Si Kecil

Memasukkan beragam sayuran ke dalam menu makan si kecil sehari-hari, dapat melatihnya membiasakan diri untuk makan sehat sedari dini. Pentingnya memilih makanan yang sehat agar mampu menunjang proses pertumbuhan badan juga perkembangan otak. Selain kandungan serat yang baik bagi saluran pencernaan, sayuran juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan otak, agar dapat berfungsi optimal.

Jika buah hati termasuk anak yang kurang begitu menggemari sayuran, langkah menyelipkan sayuran dalam setiap sajian si kecil berikut ini layak untuk dicoba.

Beri Sebuah Pengalaman Baru
Bagi si kecil, makanan bisa jadi media eksplorasi tekstur, rasa, warna yang baru. Sesekali, biarkan ia bermain dengan makanannya dan membuat wajah dari sayuran potong. Atau, gunakan istilah yang lucu dan seru untuk menyebut sayuran. Misalnya, ahli gizi Marilyn Tanner-Blasiar, MHS, RD, LD dari ST. Louis Children’s Hospital, menyarankan agar menyebut brokoli sebagai ‘pohon rimbun’. Selain dapat menumbuhkan imajinasinya, juga dapat merangsang minatnya untuk makan sayuran.

Olah Menjadi Dessert
Missy Chase Lapine, penulis The Sneaky Chef menyarankan untuk menghaluskan ubi dan wortel, lalu mencampurnya dengan yogurt dan sedikit jus jeruk. Kemudian, bekukan untuk membuat es krim atau popsicles. Bisa juga dengan menghaluskan buah maupun sayuran untuk dijadikan smoothies. Misalnya saja, mencampurkan alpukat, pisang beku, bayam, dan rasberi sumber ALA yang dapat diolah tubuh menjadi DHA, untuk smoothies yang sehat dan lezat.

DHA dan EPA juga dapat diperoleh dari suplemen minyak hati ikan kod. Berikan 15 ml atau satu sendok makan Scott’s Emulsion Original baik diminum langsung atau dijadikan campuran dessert. Suplemen ini mampu memenuhi 100% kebutuhan jumlah DHA dan EPA setiap hari sesuai yang dianjurkan untuk anak-anak.

Sisipkan dalam Kudapan Manis
Menurut Missy, menyisipkan sayuran dalam kudapan manis adalah win-win solution untuk menghilangkan perdebatan, hanya untuk meminta si kecil memakan sayuran. Cobalah mengutak-atik resep untuk membuat brownies dengan puree bayam, chocolate chip cookies dengan tambahan kacang, serta muffin berbahan ubi dan parutan wortel. Anak-anak kenyang, orang tua pun jadi senang.

Gunakan beberapa ide ini untuk membuat si kecil memakan sayuran dan menyukainya. Selamat mencoba, ya!

(vem/mar/aik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading