Sukses

Parenting

Berat Badan Bayi Tak Kunjung Bertambah, Mungkin Ini Penyebabnya

Berat badan bayi Anda tak kunjung bertambah, tapi justru menurun?  Jangan panik dulu ya, Bunda. Pasalnya,  berat badan bayi dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya asupan yang diterima bayi.

Pada bayi yang berusia di bawah 6 bulan dan berat badannya tak kunjung bertambah, coba amati bagaimana asupan ASI-nya; cukup atau tidak?

Ketidak tercukupan asupan ASI pada bayi berusia 6 bulan yang menyebabkan berat badannya tak bertambah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti disebutkan dalam laman www.babycenter.com, di antaranya:

  1. Bayi mungkin terlalu lelah saat menyusu, sehingga ia tertidur lebih cepat sebelum ia mendapatkan asupan ASI yang cukup.
  2. Daya kenyot yang rendah yang menyebabkannya tidak bisa mendapatkan cukup ASI saat disusui. Jika ini terjadi, jangan khawatir, hal ini akan membaik dengan sendirinya setelah usianya bertambah.
  3. Kondisi bibir sumbing ataupun lidah terikat yang membuatnya kesulitan mendapatkan asupan ASI yang cukup. Kondisi ini biasanya akan bisa teratasi dengan menggunakan alat bantu menyusu atau dot spesial dengan rekomendasi dari dokter.


Perlu diingat, pada bayi di bawah 6 bulan yang berat badannya tidak bertambah, sebaiknya Anda tidak terburu-buru memberi vitamin tambahan, apalagi menambahkan asupannya dengan susu formula.

Bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak memerlukan makanan pendamping ASI. Pemberian makanan yang terlalu dini justru memiliki risiko, seperti alergi, karena pencernaan bayi masih lemah.

Jadi, jika bayi tidak mengalami penambahan berat badan sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter untuk mencari penyebab dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, jadi jangan buru-buru panik ya, Bunda ketika bayi tak kunjung naik berat badannya. Analisa satu dari penyebab yang telah disebutkan, dan jika Anda masih memiliki kekhawatiran tentang pertumbuhan si kecil, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.



(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading