Masih Lima Tahun, Bobot Anak Ini Capai 80 Kg

Fimela12 Apr 2016, 11:44 WIB

Usia rata-rata anak yang masih berusia 5 tahun adalah 30 kg. Kurang dari itu, anak bisa saja dikatakan terlalu kurus. Dan lebih dari itu, bisa saja anak dikatakan terlalu gemuk. Berbicara mengenai anak yang gemuk, seorang anak yang berasal dari Espirito, Santo, Brasil telah menjadi sorotan dunia karena ia memiliki bobot badan mencapai 80 kg. Bobot yang tiga kali lipat dari anak-anak seusianya.

Dikutip dari laman metro.co.uk, anak ini bernama Misael Caldogno Abreu. Memiliki tubuh super gemuk ini tentu bukan tanpa alasan. Dikatakan, Misael menderita kondisi langka yang membuatnya tidak bisa berhenti makan. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan banyak makanan dan minuman. Ia juga akan merengek ketika orang tua tak memberinya makan.

Misael | Photo: Copyright metro.co.uk

Karena bobot tubuhnya yang tidak normal alias berlebihan, Misael seringkali berhenti bernapas saat tidur. Saat itulah, orang tua selalu khawatir dan takut jika buah hatinya tidak bisa bangun lagi. Menurut sang ayah, ia adalah anak yang tidak bisa berhenti makan karena kondisi langka yang ia derita.

Sang ayah yang bernama Manoel Abreu mengatakan, "Semuanya sangat berat baginya. Ia adalah anak kecil yang memiliki berat badan orang dewasa. Aku yakin ini membuatnya sangat tidak nyaman. Organ dalam tubuhnya pasti terjepit karena banyaknya tekanan. Jika hal ini tidak segera diberi pengobatan dan perawatan, ia bisa saja meninggal dalam waktu cepat."

Misael saat masih di bawah 1 tahun | Photo: Copyright metro.co.uk

Saat lahir, berat badan Misael 2,9 kg. Tapi, berat badannya terus bertambah dan meningkat secara drastis. Dokter meyakini bahwa anak 5 tahun tersebut menderita sindrom langka bernama sindrom Prader Willi, atau kondisi genetik dimana hal ini membuat seseorang memiliki nafsu makan berlebih dan tak terkendali. Meski telah melakukan diet rendah lemak dan jalan kaki minimal 40 menit setiap hari, berat badan Misael tetap terus meningkat tanpa kendali.

Josiane, ibu Misael mengatakan,

"Kami akan melakukan apapun untuk kesembuhan buah hati kami. Kami sangat yakin ia ingin tumbuh dan berkembang seperti anak-anak pada umumnya. Ia suka bermain, suka melakukan aktivitas yang dilakukan temannya dan ia suka belajar. Gurunya bahkan mengatakan bahwa ia selalu ingin seperti teman-temannya. Melihat ia kesulitan melakukan berbagai aktivitas, sering kali aku menangis. Tapi, hal itu terobati oleh senyumnya dan semangatnya yang tinggi.

Misael | Photo: Copyright metro.co.uk

Kini, setiap tiga bulan sekali Misael bersama orang tua melakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini dilakukan agar kondisinya bisa dijaga dengan baik dan peningkatan berat badannya bisa ditekan dengan baik. Lucio Coelho Miranda, seorang dokter dan pediatri ahli saraf mengatakan jika berat badan Misael bertambah hingga 5 kg setiap kali mereka bertemu. Kini, mereka sedang berusaha melakukan pemeriksaan lanjutan dan mencoba mencari pengobatan terbaik untuk Misael.

Duh, kasihan sekali dengan Misael ya Ladies? Semoga, ia bisa segera mendapatkan perawatan yang maksimal dan sindrom langka yang ia jalani bisa teratasi. Tetap semangat Misael.

(vem/mim)