Sukses

Parenting

Rumah Ditinggal Mudik Lebaran? Ini 5 Tips Agar Tetap Aman

Saat liburan panjang lebaran, kamu dan keluarga pasti berencana pulang ke kampung halaman atau mudik selama Idul Fitri sehingga harus meninggalkan rumah kosong untuk beberapa hari. Banyak tetanggamu pun pasti juga seperti itu, tapi yang menjadi kekhawatiran adalah ketika rumah ditinggal kosong.

Meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama berisiko terjadinya pencurian jika kita tidak mengantisipasinya dengan baik. Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, ikuti tips berikut ini.

    Pastikan mengunci rumah

    Bukan hanya pintu depan dan belakang saja yang dikunci. Cek jendela, dan berbagai ventilasi atau tempat terbuka yang menghubungkan rumah dan lingkungan luar. Gembok juga pagar atau gerbang. Jika perlu, tambahkan kunci ganda.

    Cabut selang gas dan kompor

    Ada baiknya mencabut selang gas dan kompor untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran. Siapa yang tahu adanya masalah atau kebocoran dengan kedua benda ini. Jadi sebaiknya dilepas saja, dan pastikan tak ada bau gas menyebar.

    Koordinasi dengan RT/ RW setempat

    Pastikan kamu dan keluarga telah berkoordinasi dengan RT/ RW setempat mengenai keamanan lingkungan dan lain sebagainya selama ditinggal mudik. Dan setidaknya kamu juga memberikan kabar bahwa pada RT/RW bahwa akan meninggalkan rumah dalam waktu beberapa hari.

    Titipkan rumah pada tetangga yang tidak mudik

    Jika tetangga sebelah rumah ada yang tidak mudik, tak ada salahnya menitipkan rumah pada tetangga yang bisa dipercaya. Minta nomor teleponnya agar bisa tetap berkomunikasi.

    Pasang alarm atau CCTV 

    Untuk keamanan ekstra, rumah bisa dipasang alarm atau CCTV untuk menghindari masuknya penjahat dan mengetahui siap saja yang kira-kira punya maksud tertentu di sekitar lingkungan rumahmu.

Jadi, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu dan keluarga akan meninggalkan rumah kosong untuk mudik selama beberapa hari. Semoga dihindarkan dari hal-hal yang tak diinginkan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading