Sungguh Malang! Usianya Baru 9 Tahun Tapi Bobotnya 143 Kg

Fimela16 Agu 2016, 11:49 WIB
Foto: copyright dailymail.co.uk

Li Hang, usianya baru sembilan tahun tapi berat badannya sudah 143 kg. Kondisinya tersebut disebabkan oleh gangguan genetik langka yang membuat berat badannya terus naik. Kisahnya sangat malang dan sangat menyentuh hati.

Bocah asal Tiongkok ini didiagnosis menderita sindrom Prader-Willi sejak tahun 2012 lalu. Dilansir dari dailymail.co.uk, dengan kelainan bawaan tersebut, Li mengalami kesulitan belajar dan suasana hati yang naik turun (mood swings). Dan malangnya lagi, dia seumur hidup harus bisa melawan penyakit obesitas.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Bobot badannya terus naik sejak Li masih balita. Proses tumbuh kembangnya berjalan abnormal. Selain itu ia juga tak bisa mengendalikan nafsu makannya.

Saat lahir di Harbin, Provinsi Heilongjiang, Li lahir dengan sehat dan berbobot 2,5 kg. Namun, ketika usianya menginjak tiga tahun ia mulai menunjukkan sejumlah gejala aneh yang kemudian didiagnosis dengan kelainan bawaan tersebut.

Dokter mengatakan kalau Li punya IQ di bawah rata-rata. Dengan kondisinya yang obesitas, Li juga mengalami sejumlah komplikasi seperti perlemakan hati (fatty liver) dan tekanan darah tinggi yang harus selalu dikontrol dan diobati secara rutin.

Foto: copyright dailymail.co.uk

Dengan berat badan lima kali lipat dari anak sebayanya, Li memang merasa sedih. Tapi ia tetap memiliki semangat untuk berjuang. Ia pernah mengikuti "diet camp" di mana ia berhasil menurunkan sedikit berat badannya. Tapi kemudian bobotnya kembali naik karena sindrom yang dideritanya dan harus menjalani bedah pirau (bypass surgery).

Li tetap berusaha optimis menjalani hidupnya. Untuk membantu orang tuanya mengumpulkan biaya pengobatan untuk dirinya, Li rela turun ke jalan dan menjual bunga. Meski tak mudah, tapi semangat Li masih sangat luar biasa, ya Ladies. Semoga kondisinya bisa segera tertangani dan lebih baik lagi ke depannya.



(vem/nda)