Sukses

Parenting

ASI, Makanan Sehat dan Terbaik Buat Bayi

Jika bunda menginginkan buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik lagi sehat serta mengesankan, pastikan untuk memberi ASI atau Air Susu Ibu cukup buat buah hati. Akan lebih baik, jika ASI diberikan pada bayi minimal hingga usianya 6 bulan. Karena apa? Menurut para ahli kesehatan dan gizi, ASI merupakan makanan sekaligus minuman paling sehat buat bayi. ASI, juga merupakan sumber nutrisi paling baik karena mengandung berbagai senyawa sehat dan melindungi kekebalan tubuh bayi.

Tak hanya itu saja Bunda. ASI dikatakan juga merupakan sumber asupan nutrisi yang mampu menurunkan risiko berbagai penyakit pada bayi mulai dari keracunan, pneumonia hingga meningitis. ASI juga merupakan salah satu asupan nutrisi yang menjamin buah hati memiliki otak cerdas, kekebalan tubuh mengesankan serta perkembangan serta pertumbuhan tubuh yang mengagumkan. Para peneliti di Imperial College London bahkan menemukan jika ASI juga merupakan salah satu makanan penawar racun terbaik untuk tubuh bayi.

ASI dikatakan mengandung gula alami yang mampu memenuhi kalori dan energi yang dibutuhkan bayi. ASI, juga mengandung berbagai vitamin yang mampu membuat bayi sehat selalu. Meski begitu, ASI yang sehat dan baik buat kesehatan bayi adalah ASI yang diperoleh dari ibu dengan pola hidup dan pola makan sehat. Ibu yang memiliki nutrisi cukup setiap harinya, dipastikan akan memiliki ASI dengan nutrisi yang cukup pula pada bayi. Para ahli mengatakan, apa yang dikonsumsi oleh para ibu sangat berpengaruh pada ASI.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, anak-anak dengan ASI eksklusif selama 6 bulan akan memiliki kecerdasan yang mengesankan. Mereka juga akan memiliki perilaku yang baik serta mengagumkan. Hasil penelitian yang dilakukan pada 1.500 anak usia 7 sampai 10 tahun, ditemukan bahwa mereka dengan ASI eksklusif selama 6 bulan lebih cerdas, berperilaku baik dan kebal penyakit. Sementara itu, anak-anak yang hanya konsumsi ASI kurang dari 3 bulan dan diganti dengan susu formula atau sejenis, ditemukan bahwa mereka cenderung mengalami masalah perilaku dan rentan terhadap berbagai penyakit.

Dr Andreas, seorang peneliti yang mempublikasikan tulisannya di jurnal Clinical dan Translational Immunology menyarankan agar Bunda memberikan ASI eksklusif pada bayi setidaknya selama 6 bulan penuh. Selain sangat baik buat kesehatan fisik bayi, ini juga sangat baik buat kesehatan psikis bayi.

Jadi Bunda, usahakan untuk memberikan ASI cukup hingga bayi usia 6 bulan ya. Sesibuk apapun aktivitas Bunda, pastikan untuk tidak melewatkan memberikan perawatan terbaik buat buah hati. Semoga, informasi ini bermanfaat

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading