Sukses

Parenting

Cegah Sembelit Pada Anak Dengan Cara Mudah Ini Yuk Mommy

Konstipasi ternyata tak cuma menyerang orang dewasa Ladies. Bayi juga bisa mengalami konstipasi. Sembelit atau konstipasi ini adalah kondisi di mana buang air besar tidak teratur. Jika tidak diobati, sembelit bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Anak-anak juga sering mengalami konstipasi. Lebih buruk lagi mereka akan merasa kesakitan karena kotoran yang mengeras susah dikeluarkan. Sembelit pada anak sangat erat kaitannya dengan apa yang ia makan dan minum.

Nah Mommy, kali ini Vemale akan coba hadirkan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah konstipasi ini terjadi pada buah hati. Intip daftar lengkapnya hanya di sini.

  • Hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan air untuk si kecil. Pastikan si kecil minum air setidaknya 1 liter dalam sehari. Selain mencegah konstipasi ini akan membuat si kecil selalu terhidrasi dan tetap sehat.
  • Berikan satu sampai dua buah pisang untuk anak dalam sehari. Jika gigi mereka belum tumbuh sempurna, Mommy bisa menghaluskannya menjadi bubur. Pisang kaya akan kandungan serat dan dapat mengurangi sembelit.
  • Selanjutnya Mommy bisa merebus apel dan menghaluskannya. Apel kaya akan antioksidan dan serat yang membantu meringankan sembelit.
  • Lidah buaya ternyata juga bermanfaat untuk meredakan konstipasi. Campurkan saja sesendok jus gel lidah buaya dalam segelas air hangat dan suapkan pada si kecil. Ini akan membantu mengurangi masalah sembelit. Seperti kedua buah di atas, lidah buaya kaya akan serat yang akan mengatasi konstipasi.
  • Mommy juga bisa memberikan jus jeruk untuk si kecil. Jus jeruk kaya akan vitamin C dan kandungan air. Selain mengatasi sembelit, ini juga akan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil agar tak mudah sakit.


Jika sembelit masih saja berlangsung selama beberapa hari, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Hindari pula memberikan obat sembelit pada anak atau bayi sebelum berkonsultasi dengan dokter. Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya Mommy.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading