Awas, Bayi Yang Lahir Cesar Punya Potensi Tinggi Tumbuh Obesitas

Fimela08 Sep 2016, 14:10 WIB
copyright by shutterstock.com

Terkadang, ketika ibu muda takut menjalani proses melahirkan normal, mereka memilih cesar yang lebih gampang dan tidak menyakitkan. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata ada efek negatif yang ditimbulkan jika kamu memilih melahirkan cesar lho ladies.

Menurut sebuah penelitian pada September 2016 yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics baru-baru ini menunjukkan, bahkan pilihan melahirkan anak pun bisa mempengaruhi perkembangan kesehatan anak beberapa tahun ke depan.

Para peneliti dari Harvard menganalisis data Growing Up Today Study yang diikuti 22 ribu partisipan dari tahun 1996-2012 mengenai hubungan antara kelahiran anak dan risiko obesitas. Hasilnya, orang-orang yang dilahirkan melalui proses cesar ternyata 15% cenderung mengalami obesitas saat masih anak-anak, remaja hingga tumbuh dewasa.

Peneliti juga menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan dengan cara cesar, 64% cenderung menjadi orang obesitas dibanding saudara kandungnya yang dilahirkan secara normal lewat vagina. Risiko obesitas pada anak akan semakin tinggi jika ibu memilih cesar meski sebenarnya bisa melahirkan secara normal.

Mengapa bisa begini? Menurut para peneliti, jalan keluarnya bayi mengandung beberapa bakteri tertentu yang bisa meningkatkan kesehatan bayi. Tentu saja penelitian ini masih butuh lebih banyak pengembangan dan penelitian lebih lanjut.

Jadi jika kondisi tubuh memang memungkinkan lahir normal, sebaiknya tak usah memilih cesar ya ladies. Tapi jika memang terpaksa cesar, sebisa mungkin memantau asupan makan anak ya Moms.

(vem/feb)