Sukses

Parenting

4 Kenyataan Yang Tak Banyak Dikatakan Orang Tentang Menyusui

Bagi seorang wanita yang baru melahirkan, kewajiban berikutnya yang sudah menunggu untuk dilakukan adalah menyusui buah hati. Ibu jadi satu-satunya yang punya tanggung jawab besar dalam memberi asupan makanan pada bayi setelah lahir, dan hal ini pasti akan jadi pengalaman menarik yang bisa kamu alami dalam hidup.

Ada banyak hal yang bisa terjadi karena aktivitas menyusui ini, selain bahagianya jadi ibu seutuhnya, ada beberapa hal yang terkadang tak dibicarakan oleh para wanita, dan ini akan jadi pengalaman yang mungkin mengubah pemikiran dan hidupmu.

    Menyusui bisa jadi sangat menyakitkan

    Banyak wanita mungkin tak mengalaminya, tapi seringkali pengalaman pertama menyusui pasti menyakitkan. Untuk beberapa ibu, menyusui bisa sangat menyakitkan bahkan ketika bayi menyusu dengan posisi yang benar. Hal ini wajar karena puting payudara belum terbiasa dengan hal ini, jika masih sakit bisa diberi krim pereda nyeri.

    Ini adalah pekerjaan full-time

    Menyusui adalah pekerjaan tetap yang harus kamu lakukan setiap saat, terkadang tak peduli waktu. Bahkan jika kamu adalah wanita karir kerja kantor, kamu harus memompa ASI untuk persediaan. Terkadang, inilah mengapa banyak wanita akhirnya memutuskan berhenti dari pekerjaannya karena harus memenuhi kewajiban menyusui anak. Bagaimana pun, inilah keputusan terbaik untuk kesehatan anak dan ibu sendiri.

    Ini adalah kewajiban yang tak tergantikan

    Menyusui bukan suatu hal yang bisa kamu tolak begitu saja. Bahkan jika kamu menolak menyusui, payudara akan secara alami terus memproduksi ASI karena tahu bahwa kamulah yang bertanggung jawab memberi makanan utama untuk bayimu. Jika tidak disusukan, payudaramu akan sangat sakit.

    Terkadang ini menyulitkan

    Di beberapa tempat, menyusui masih jadi hal tabu untuk dilakukan. Kamu tak bisa begitu saja menyusui di tempat umum, bukan hanya mengundang mata untuk melihat, tapi juga mengundang komentar. Ibu menyusui pasti tak akan nyaman dengan hal ini. Jika sedang emergency untuk menyusui, selalu siapkan kain penutup atau cari tempat yang tak banyak orang.

Akan ada banyak cerita dan pengalaman yang kamu alami saat menyusui, dan bahkan jika pengalaman itu menyakitkan hatimu, jangan berhenti menyusui. Karena bagaimana pun, kesehatan dan perkembangan anak tergantung padamu, dan menyusui bisa mengurangi risiko kanker payudara pada ibu.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading