Sukses

Parenting

Mom, Ini Alasan Bayi Menangis yang Seharusnya Diketahui

Sebagai Ibu yang baru memiliki bayi, tentu banyak pengalaman baru yang seringkali membuat deg-degan. Ada perasaan bingung yang bercampur haru. Penasaran mengapa tiba-tiba menangis seringkali menjadi penyebab Mom bingung dan akhirnya panik. Bayi belum dapat bicara, maka seringkali menangis adalah bayi untuk mengungkapkan perasaannya.

Mom, berikut adalah alasan mengapa bayi menangis. Hal ini penting Mom ketahui, agar Mom paham harus melakukan apa. Yuk, Mom simak penjelasannya sebagai berikut.

    Bayi Merasa Lapar

    Saat lapar bayi akan menangis. Bayi memiliki perut yang kecil sehingga tidak dapat mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus, sehingga dia menjadi mudah lapar. Tidak selalu bayi menangis karena lapar, perhatikan gerakan mulut dan jarinya. Jika dia mengisap jari itu tandanya bayi lapar. Dan saat bayi lapar, tangisannya akan berhenti saat Mom menawarkan ASI atau susu formula.

    Popok yang Kotor

    Bayi juga merasa tidak nyaman saat popoknya kotor. Bayi akan menangis. Popok yang basah akan membuatnya tidak nyaman dan jika dibiarkan akan menyebabkan iritasi. Untuk itu segera ganti popok bayi saat popok mulai kotor dan basah.

    Ada Ruam Popok

    Ruam popok membuat bayi merasa tidak nyaman karena gatal. Untuk menghindari ruam popok, sebaiknya ganti popok bayi. Iritasi ini bisa disebabkan popok yang tidak cocok pada kulit bayi, atau kebiasaan Mom menunda untuk mengganti popok bayi yang sudah basah. Konsultasikan masalah ini bersama dokter anak.

    Tumbuh Gigi

    [contentSaat bayi berumur 6-8 bulan, giginya akan tumbuh. Perasaan tidak nyaman sakit dan gatal membuat bayi menangis. Mom, dapat memberikan wortel untuk mengurangi sakit pada gigi yang tumbuh. Jika perlu Mom dapat memijit gusi bayi. Tekanan yang lembut pada gusi akan membuat bayi merasa nyaman.

    Terlalu Capek

    Bayi yang terlalu banyak bermain akan capek. Bayi juga membutuhkan istirahat. Saat bayi menangis, segera tidurkan. Basuh dengan air dingin untuk membuat bayi nyaman. Ganti pakaiannya, dan tidurkan bayi.

Mom, demikian 5 hal yang harus diperhatikan saat bayi menangis. Menangis adalah bahasa bayi untuk menyampaikan keluhan dan keinginan. Selamat memahami si kecil ya Mom.

 

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading