Sukses

Parenting

2 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Minta Berbagai Hal

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua adalah pengalaman yang pasti penuh hal mengejutkan, salah satunya adalah menghadapi anak yang rewel. Menghadapi anak rewel seringkali menguji kesabaran, apalagi jika ia minta berbagai hal agar dituruti. Jika tak bisa menanganinya dengan baik, bisa jadi ibu akan terbakar emosi.

Ahli parenting sekaligus penulis No-Cry Discipline Solution, Elizabeth Pantley, mengatakan dalam New Parent bahwa mengajarkan anak yang masih sangat kecil untuk meminta dengan baik memang perlu kesabaran, apalagi emosi anak mudah sekali berubah dan mereka akan meninggikan suara ketika tidak dituruti.

"Emosi mereka sangat mudah terpicu, yang mereka pikirkan bukan manner yang baik, namun kebutuhan mereka ingin segera dipenuhi," ujarnya. Untuk menghadapi hal ini, diperlukan trik.

 

1. Jangan memerintah

Daripada membalas dengan membentak anak dengan keras, katakan "Tak baik berteriak. Katakan dengan baik apa yang kamu inginkan pada mama." Ingat bahwa ibu juga perlu menjaga sikap tegas dengan kontak mata pada anak, menunjukkan dengan serius bahwa hal yang ia lakukan itu tak baik.

 

2. Perhatikan anak

Cara kedua adalah untuk mencegah rewel terjadi, yaitu memeprhatikan mood anak. Apakah ia sedang lelah, mengantuk, lapar, butuh perhatian atau yang lainnya. Karena hal-hal ini sangat bisa memicu emosi anak.

Jadilah lebih observant terhadap anak, dan kenali karakter serta kebiasaan anak. Jika anak mudah lapar, selalu bawa bekal camilan untuknya. Jika anak mengantuk di jam tertentu, atur aktivitas agar tidak mengganggu jam tidurnya.

Dengan mengajarkan secara berulang bahwa hal tertentu tak baik dilakukan, perlahan anak akan mengerti dan membentuk pengetahuan apa yang boleh dan tak boleh ia lakukan dan bagaimana bersikap dangan baik. Jadi, jangan lelah menghadapi si kecil yang rewel ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading