Sukses

Parenting

Agar Terhindar dari Keguguran, Ikuti Tips Penting Ini

Kehamilan adalah masa yang sangat penting bagi seorang ibu. Ada banyak pengalaman dan perubahan baru yang dialami selama kehamilan. Selain itu, biasanya rasa cemas dan was-was pun meningkat saat hamil, seperti takut mengalami keguguran.

Keguguran bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola hidup yang tak sehat hingga komplikasi kesehatan yang dialami oleh sang calon ibu. Untuk mencegah dan terhindar dari keguguran, ada tips-tips penting yang perlu diperhatikan.

Hindari Konsumsi Makanan yang Menyebabkan Rasa Panas
Ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan rasa panas. Setidaknya di trimester pertama kehamilan, batasi konsumsi makanan yang pedas-pedas, buah-buahan seperti nanas dan pepaya, dan sebagainya.

Dilansir dari boldsky.com, keguguran bisa terjadi sebelum atau sesudah detak jantung bayi muncul. Dengan kata lain, keguguran bisa terjadi kapan saja. Hanya saja trimester pertama adalah yang paling krusial. Jadi penting sekali untuk sangat berhati-hati di awal kehamilan.


Hindari Bepergian Terlalu Jauh
Di awal kehamilan, sebisa mungkin hindari bepergian atau melakukan perjalanan yang terlalu jauh. Sangat berisiko untuk melakukan perjalanan jauh bila janin belum terbentuk sempurna. Selain itu, kesibukan atau aktivitas juga jangan sampai membuat Moms kecapekan.

Hindari Makanan Cepat Saji (Junk Food)
Bahan pengawet, perasa tambahan, pewarna, dan bahan-bahan yang tak sehat dalam makanan cepat saji tidak baik untuk ibu hamil. Menghindari makanan cepat saji juga bisa jadi cara paling efektif agar terhindar dari keguguran.

Konsultasi ke dokter atau bidan pun perlu dilakukan secara rutin. Agar kesehatan ibu dan janin bisa terus terpantau. Apalagi kalau sebelumnya punya riwayat pernah keguguran, pengawasan perlu dilakukan dengan lebih ketat lagi.


Kelola Stres
Stres dan perasaan tertekan bisa meningkatkan risiko keguguran. Kelola stres dan usahakan untuk selalu memiliki emosi yang stabil agar kandungan bisa tetap terjaga dengan baik. Bila perlu, ikuti olahraga khusus ibu hamil untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh serta pikiran.

Itu tadi tips-tips paling dasar agar terhindar dari keguguran. Perlu diketahui juga bahwa kondisi ibu hamil bisa berbeda pada tiap wanita. Jadi konsultasi dan cek rutin ke bidan atau dokter wajib untuk dilakukan selama kehamilan.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading