Sukses

Parenting

4 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Berangkat Sholat Idul Fitri

Perayaan besar dan acara keagamaan yang hanya setahun sekali ini pasti tidak ingin kamu lewatkan begitu saja kan, ladies? Sebisa mungkin semua dipersiapkan dengan matang, apalagi di waktu-waktu kritis menjelang berangkat ke masjid untuk sholat Ied. Jangan remehkan, ini beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum berangkat sholat Idul Fitri.

1. Sarapan
Sarapan pagi penting dilakukan sebelum sholat Idul Fitri. Bukan hanya sebagai penanda bahwa sudah tidak puasa, tapi juga menjaga mood-mu selama menjalani sholat Ied. Karena proses sholat Idul Fitri kemungkinan akan lama, jangan sampai kamu merasa kelaparan di tengah-tengah acara.

2. Baju lebaran dan alat sholat
Pastikan kamu sudah menyiapkannya di malam sebelumnya, di malam takbiran, sehingga pagi setelah mandi dan sarapan, kamu dan keluarga tidak repot harus mencari dan menyetrika baju dulu.

3. Ke kamar mandi sebelumnya
Tentu sebelum sholat kamu harus wudhu dulu. Nah, seringkali beberapa orang kebelet buang air kecil atau besar setelah wudhu, padahal sudah mau berangkat ke masjid. Biasakan pergi ke kamar mandi dulu sebelumnya, sehingga tidak merepotkan dan merusak wudhu.

Pastikan tidak banyak minum dan makan setelah wudhu sehingga tidak mengganggu saat akan sholat Ied. Begitu juga jika kamu membawa si kecil. Jika khawatir ia akan minta pipis di tengah-tengah khutbah, pastikan kamu memilih tempat sholat yang dekat dengan toilet.

4. Bawa tikar atau alas sholat sendiri
Karena kemungkinan besar masjid akan sangat ramai dan padat jamaah, jangan lupa jaga-jaga membawa tikar atau alas sholat sendiri untuk keluarga. Kalau pun tidak kebagian tempat di dalam masjid, kamu tidak khawatir lagi karena sudah siap menggelar tikar sehingga tidak ketinggalan sholat.

Nah, itu beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum sholat Ied. Tampak sepele sih, tapi seringkali diabaikan banyak orang dan justru jadi masalah besar jika tidak dipersiapkan dari awal. Semoga semua berjalan lancar ya ladies, Selamat Hari Raya Idul Fitri.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading