Sukses

Parenting

4 Pilihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Agar Bisa Lahiran Normal

Kehamilan merupakan sebuah anugerah terindah bagi seorang wanita. Proses persalinan pun menjadi bentuk perjuangan sendiri bagi seorang ibu. Di antara sejumlah pilihan melahirkan, melahirkan secara normal tetap jadi pilihan banyak wanita.

Untuk mengusahakan bisa lahiran normal, salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan peluang untuk lahiran normal. Seperti beberapa jenis olahraga ini.

Jalan Kaki
Yap, jalan kaki setiap hari bisa memberi banyak manfaat pada ibu hamil. Dilansir dari momjunction.com, jalan kaki diyakini bisa membantu mulut rahim melebar dan memperbaiki posisi bayi. Kalau rutin jalan kaki, proses bersalin nantinya juga akan berjalan lebih lancar tanpa rasa sakit berkepanjangan.

Jalan kaki./Copyright shutterstock.com

Olahraga Kegal
Olahraga kegal ini bisa bantu menguatkan otot-otot panggul yang memiliki peran penting dalam proses persalinan. Latihan otot panggul dengan kegal selama 10-15 menit per hari bisa cukup efektif mempersiapkan otot panggul siap untuk persalinan.

Kegal rutin juga bisa dilakukan./Copyright shutterstock.com

Olahraga Squat
Gerakan squat bisa membuat posisi bayi terdorong ke bawah dan bisa meningkatkan peluang lahiran normal. Usahakan saat melakukan gerakan squat ini juga didampingi pelatih atau seseorang yang bisa diandalkan. Jangan sampai cedera, ya moms.

Squat juga bisa dilakukan./Copyright shutterstock.com

Melakukan Gerakan Butterfly
Gerakan sederhana ini bisa bantu memperkuat punggung, paha, dan panggul. Bisa membuat sendi-sendi panggul fleksibel dan memperlancar aliran darah ke tubuh bagian bawah dan memperlancar persalinan. Caranya cukup mudah. Tinggal duduk bersila, satukan kedua telapak kaki di depan, lalu genggam telapak kaki dengan kedua tangan, kemudian tarik tubuh ke depan. Tahan 10-15 detik lalu ulangi 5-10 kali.

Latihan gerakan butterfly, yuk./Copyright shutterstock.com

Ibu hamil memang sangat disarankan untuk tetap melakukan olahraga rutin. Ada baiknya juga didampingi oleh pelatih yang sudah profesional atau berpengalaman. Semoga nanti proses persalinannya lancar, ya moms.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading