Sukses

Parenting

Usia 30 Tahun ke Atas, Wanita Golongan Darah O Berisiko Besar Susah Hamil!

Banyak wanita masa kini yang baru menikah di usia 30an tahun dan menjadi ibu di usia tua. Hamil di usia tua seperti yang banyak orang ketahui, menimbulkan banyak risiko kesehatan, salah satunya adalah keguguran. Dan jika kamu wanita yang bergolongan darah O, sebaiknya cepat-cepat menikah ladies.

Karena ternyata, wanita bergolongan darah O makin sulit hamil di usia 30 tahun ke atas. Hal ini diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan Yale University School of Medicine bahwa wanita bergolongan darah O akan mengalami penurunan kesuburan sel telur.

Dengan kata lain, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Human Reproduction ini menyatakan bahwa jumlah sel telur akan menurun dan angka kesuburan sel telur tidak lagi sebaik ketika masa muda sehingga menyebabkan wanita susah hamil.

Peneliti menguji kadar hormon follicle-stimulating (FSH) pada 544 wanita dan menemukan bahwa wanita bergolongan darah O dua kali lebih berisiko mengalami FSH tinggi sebagai indikasi penurunan tingkat kesuburan.

Wanita golongan darah O susah hamil di usia 30 tahun/copyright Pixabay.com

Meski memang penurunan kesuburan akan terjadi secara alami pada wanita usia 30-40an tahun, tapi untuk wanita bergolongan darah O, mereka punya risiko lebih besar dan penurunan lebih tajam dari wanita bergolongan darah lain. Sebaliknya dengan wanita bergolongan darah A dan AB yang menjadi kelompok yang mengalami penurunan kesuburan paling lambat.

Meski begitu, bukan berarti wanita bergolongan darah O tak bisa hamil sama sekali. Mereka tetap bisa memperlambat proses ini dengan cara tes kesuburan setiap kali ingin hamil jika usia di atas 30 tahun dan tetap menjaga kesehatan ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading