Sukses

Parenting

5 Makanan Menyehatkan Penting Dikonsumsi Selama Kehamilan

Ibu hamil penting mengonsumsi berbagai makanan yang sehat baik buat diri sendiri atau janin yang ada di kandungan. Para ahli mengungkapkan jika apa yang dikonsumsi ibu hamil, sangat berpengaruh banyak bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Menurut para ahli, konsumsi sayuran dan buah wajib dilakukan selama kehamilan.

Dilansir dari laman thehealthsite.com, ada beberapa makanan khususnya sayur dan buah yang penting serta sangat disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Aneka Sayuran Hijau
Sawi, bayam, kangkung, selada dan sayuran hijau lainnya memiliki nutrisi yang sangat baik buat kesehatan kandungan. Sayuran hijau mengandung mangan, kalium, serat, zat besi dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh ibu maupun janin. Tak hanya menyehatkan, sayuran hijau juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh janin serta kecerdasannya.

Brokoli
Sayuran ini mengandung banyak serat, zat besi dan antioksidan yang sangat baik buat kesehatan kehamilan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bahkan dipercaya bisa menurunkan risiko jantung, kolesterol, kanker hingga diabetes selama kehamilan.

Ubi Jalar
Ibu hamil sebaiknya konsumsi ubi jalar karena nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nutrisi yang terkandung di dalam ubi juga membantu ibu terhindar dari risiko sembelit, lelah hingga kaki bengkak akibat usia kandungan yang semakin besar. Ubi jalar bahkan bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi mual selama kehamilan.

Tomat
Tomat mengandung vitamin C yang banyak dengan rasa yang lezat dan menggugah selera. Tomat bisa disantap sebagai salad, jus buah, atau bumbu sayuran. Nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat dipercaya bisa mencegah kerusakan sel tubuh selama kehamilan.

Kacang Hijau
Tak bisa dipungkiri bahwa kacang hijau memiliki segudang manfaat buat kesehatan termasuk kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Nutrisi yang terkandung di dalam kacang hijau dipercaya bisa mencegah konstipasi selama kehamilan. Janin juga bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih maksimal.

Itulah sedikitnya lima makanan yang baik buat kesehatan selama kehamilan. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan adalah kacang-kacangan, buah segar seperti anggur, jeruk, apel dan alpukat serta pisang. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading