Sukses

Parenting

Ini yang Terjadi di dalam Tubuh Perempuan saat Ovulasi

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan, tubuh perempuan dewasa akan mengalami ovulasi. Meski seringkali tidak bisa merasakan secara langsung, namun ada banyak hal yang sedang terjadi di dalam tubuh ketika ovulasi dan masa subur.

Dijelaskan dalam Parenting, saat memasuki masa subur dan mendekati ovulasi, ovarium akan melepaskan sel-sel telur dari indung telur menuju tuba falopii karena mendapat sinyal hormonal dari otak. Terkadang tidak hanya satu telur yang dilepaskan, bisa dua hingga tiga.

Umumnya tubuh akan merasa lebih ingin bercinta atau melakukan hubungan seksual ketika ovulasi. Hormon seksual akan mengalami peningkatan karena tubuh butuh dibuahi. Bahkan sebuah penelitian dari Florida State University menyebutkan bahwa pria bisa mencium aroma wanita yang sedang ovulasi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa pria merasa perempuan lebih cantik dan seksi saat ovulasi karena indra penciuman mereka mengenali aroma tubuh perempuan dalam waktu ovulasi. Hal ini mendorong pria ingin bercinta dengan perempuan tersebut.

Biasanya ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Setelah telur dilepaskan, jaringan yang membungkus telur akan berubah menjadi korpus luteum, yang melepaskan hormon progesteron sehingga lapisan uterus dapat mempertahankan embrio.

Namun ketika sel telur tidak dibuahi, semua hormon yang bergolak ini akan berhenti, kemudian korpus luteum diserap kembali. Dan saat inilah masa subur atau masa ovulasi telah berakhir. Ketika hal ini terjadi, maka lapisan darah yang sudah dibentuk akan luruh dan terjadilah menstruasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading