Bagaimana Cara Mengetahui Tubuh sedang Ovulasi?

Febi Anindya Kirana02 Des 2018, 14:07 WIB
kesuburan

Fimela.com, Jakarta Sebelum berencana hamil, ada baiknya jika setiap perempuan mengenali dan memahami tubuhnya sendiri. Bagaimana masa subur berlangsung dan kapan hal itu terjadi di dalam tubuh. Karena ternyata masih banyak lho perempuan yang tidak mengenali dan mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuhnya sendiri.

Waktu ovulasi dan masa subur perempuan itu penting untuk diketahui terutama untuk bis ahamil atau justru menghindari kehamilan. Dilansir dari Parenting, dikatakan ahli kesehatan Toni Weschler bahwa umumnya ovulasi terjadi pada hari ke-14 dari siklus menstruasi sebelumnya.

Tentu saja ovulasi dan masa subur bisa bervariasi untuk setiap perempuan, namun tidak jauh dari prediksi tersebut. Di awal siklus bulanan, setelah menstruasi berakhir, tubuh akan mengalami peningkatan kadar estrogen untuk memicu pelepasan lendir serviks.

Lendir yang keluar ini bisa menjadi tanda umum untuk mengetahui apakah tubuh dalam kondisi akan ovulasi atau tidak. Umumnya, ketika tubuh kemungkinan besar sedang ovulasi, cairan ini akan berwarna jernih, licin, dan lengket, kerika ditarik akan melar, menyerupai putih telur mentah.

Untuk lebih mudah mengetahui kapan ovulasi dan tubuh memasuki masa subur, kini sudah banyak aplikasi yang bisa diunduh untuk melacak atau mencatat siklus menstruasi setiap bulan sehingga tidak perlu menghitung kapan ovulasi dan masa subur setiap bulannya. Dengan begini, merencanakan kehamilan juga lebih mudah.