Sukses

Parenting

Terlalu Higienis dan Takut Kotor Ternyata Tidak Baik untuk Anak!

Fimela.com, Jakarta Banyak ibu melarang anaknya bermain ini itu karena takut kotor dan kuman masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit. Mengajarkan kebersihan pada anak memang wajib, namun ketahui bahwa ada kalanya hidup terlalu higienis justru berdampak negatif buat anak.

Dilansir dari Parenting, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology justru menemukan bahwa kontak langsung dengan alergen (sumber alergi) saat anak masih kecil justru mampu membentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit dan sumber alergi itu sendiri.

Kontak langsung dengan bakteri di tanah atau bakteri di benda-benda lain berperan dalam mencegah anak mudah sakit dan terkena alergi serta asma saat ia dewasa nanti. Hal ini dibuktikan setelah meneliti 467 anak-anak sejak bayi hingga usia 3 tahun. Partisipan dilihat rekasi alerginya setiap tahun dan melihat kebiasaan sehari-hari di rumah.

Peneliti terkejut dengan hasilnya, bahwa ternyata anak-anak yang menjalani hari dengan bebas bermaind engan apa pun, tanah dan lainnya yang dianggap kotor, justru memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik ketimbang anak-anak yang terlalu dilarang dan dijaga kebersihannya saat bermain.

Dengan kata lain, ibu tak perlu khawatir anaknya bermain kotor, karena ternyata membiarkan anak bermain bebas dan tidak selalu menekankan untuk hidup higienis justru baik untuk kekebalan tubuhnya saat dewasa. Namun tentu saja ketahui batasannya, kapan harus membersihkan diri dan menjaga kebersihan sewajarnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading