Sukses

Parenting

4 Olahraga yang Cocok untuk Kehamilan Trimester Pertama

Fimela.com, Jakarta Meski hamil bukan berarti harus berhenti olahraga. Justru ketika hamil, olahraga harus lebih rajin untuk menjaga kesehatan dan kekuatan otot tubuh. Namun olahraga apa saja yang baik untuk kehamilan trimester pertama?

Karena demi menjaga kandungan, tidak semua olahrag cocok dilakukan selama hamil. Dilansir dari Healthline, ini sekian olahraga yang bisa dilakukan selama trimester pertama.

1. Pilates

Untuk yang tak pernah pilates, olahraga ini membantu melenturkan tubuh. Fokus utamanya adalah melatih keseimbangan dan otot tubuh. Pilates bisa membangun kekuatan core muscle untuk menopang kandungan yang nantinya akan semakin besar dan mencegah nyeri tulang belakang karena beban tubuh yang bertambah.

2. Yoga

Yoga adalah olahraga yang akan bukan hanya melatih pernapaan sekaligus fleksibilitas tubuh tapi juga olahraga yang mampu menghilangkan stres, dan membangun kekuatan otot. Latihan pernapasan yoga akan membantumu menjaga diri agar tidak gampang panik dan cemas, terutama menjelang persalinan.

3. Berlari

Olahraga lari akan membantu melatih pernapsan, menjaga kesehatan kardiovaskuler, menguatkan otot kaki, membakar kalori dan menjaga kolesterol tubuh. Selama perut belum membesar, olahraga lari dan jogging bisa dilakukan untuk melatih kekuatan tubuh.

4. Angkat beban

Karena nantinya perut akan membesar, latihan angkat beban ringan bisa dilakukan rutin untuk membentuk otot yang kuat sehingga nanti saat perut membesar, bumil tidak kesulitan menjaga kekuatan tubuh. Hindari mengangkat beban terlalu berat apalagi mendadak, namun lakukan secara interval.

Itu dia sekian olahraga yang bisa dilakukan rutin selama trimester pertama. Selalu usahakan untuk olahraga selama hamil karena kegiatan ini memegang peran penting dalam kesehatan ibu maupun bayi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading